Kapan Bayi Mulai Tertawa?

Sedang Trending 3 hari yang lalu

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun pertama bayi bakal diisi dengan segala jenis peristiwa nan berkesan, mulai dari makan makanan padat hingga melangkah untuk belajar jalan. Setiap perihal pertama dalam kehidupan bayi jadi momen berkesan bagi orang tua.

Salah satu pencapaian alias milestone bayi ialah tertawa. Tertawa adalah langkah bayi Anda berkomunikasi nan dapat Anda pahami. Itu tandanya bayi Anda waspada, penasaran, dan bahagia.

Kapan bayi semestinya mulai tertawa?

Kebanyakan bayi bakal mulai tertawa sekitar bulan ketiga alias keempat. Namun, jangan cemas jika bayi Anda tidak tertawa pada usia empat bulan. Setiap bayi berbeda. Beberapa bayi bakal tertawa lebih awal dibandingkan bayi lainnya, begitu pun sebaliknya.

4 langkah membikin bayi Anda tertawa

Tawa pertama bayi Anda mungkin terjadi saat Anda mencium perutnya, mengeluarkan bunyi lucu, alias menggoyangkannya ke atas dan ke bawah. Ada juga teknik lain untuk memancing tawa si kecil.

1. Suara-suara lucu

Bayi Anda mungkin merespons bunyi letupan alias ciuman, bunyi melengking, alias bunyi tiupan bibir Anda. Isyarat pendengaran ini seringkali lebih menarik dibandingkan bunyi normal.

2. Sentuhan lembut

Menggelitik ringan alias meniup lembut pada kulit bayi merupakan sensasi nan menyenangkan dan berbeda bagi mereka. Mencium tangan alias kaki mereka, alias “meniup buah raspberry” di perut mereka mungkin juga bakal membikin mereka tertawa.

3. Alat kreator bising

Benda-benda di sekitar bayi Anda, seperti ritsleting alias bel, mungkin tampak kocak bagi bayi Anda. Anda tidak bakal tahu barang apa nan membuatnya tertawa sampai dia tertawa. Coba gunakan perangkat kreator bunyi nan berbeda untuk mengetahui apa nan membikin mereka tertawa.

4. Permainan nan menyenangkan

Cilukba adalah permainan nan bagus untuk dimainkan ketika anak-anak mulai tertawa. Anda dapat bermain cilukba dengan bayi Anda pada usia berapa pun, tetapi mereka mungkin tidak merespons dengan tertawa sampai mereka berumur empat hingga enam bulan. 

Hal nan bisa dilakukan jika bayi belum tertawa

Menurut banyak literatur, bayi biasanya tertawa antara bulan ketiga dan keempat. Jika setelah bulan keempat bayi Anda tetap belum juga tertawa, tidak perlu khawatir.

Beberapa bayi lebih serius dan tidak tertawa alias terkekeh seperti bayi lainnya. Ini mungkin baik-baik saja, terutama jika mereka memenuhi perkembangan lainnya.

Fokus pada keseluruhan pencapaian nan sesuai dengan usia, bukan hanya satu. Namun, jika bayi Anda belum mencapai beberapa tahap perkembangan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan master anak.

Berikut adalah beberapa pencapaian 4 bulan nan dapat Anda nantikan:

  • tersenyum spontan
  • mengikuti barang bergerak dengan mata
  • mengamati wajah dan mengenali orang nan dikenalnya
  • menikmati bermain dengan orang-orang
  • membuat suara, seperti mengoceh alias menderu

Bicaralah dengan master bayi Anda

Jika Anda cemas anak Anda tidak tertawa alias mencapai pencapaian lainnya, sampaikan perihal ini saat kunjungan kesehatan bayi Anda berikutnya. Sebagai bagian dari kunjungan, master Anda mungkin bakal menanyakan semua pencapaian nan dicapai bayi Anda.

Jika tidak, pastikan untuk menyertakan perincian ini dalam percakapan Anda.

Dari sana, Anda berdua dapat memutuskan apakah Anda mau memandang dan menunggu perkembangan di masa depan alias Anda mau master bayi Anda merekomendasikan pertimbangan lebih lanjut. Mungkin ada terapi untuk membantu bayi Anda berkembang lebih sigap dibandingkan anak-anak lain seusianya.

Pilihan Editor: 6 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Sumber Tempo
Tempo