KAI Daop 6 Yogyakarta Angkut 3,2 Juta Penumpang Selama 6 Bulan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Yogyakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mencatat selama periode Semester I 2024 (Januari-Juni) telah mengangkut sebanyak 3.284.261 penumpang. Jumlah ini meningkat 27,5 persen dibanding periode semester I  2023 sebanyak 2.574.687 peumpang.

“Jumlah pengguna kereta api jarak jauh terbanyak pada tahun ini terjadi pada April sebanyak 656.220 penumpang nan berangkat dari wilayah Daop 6 Yogyakarta,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta PT KAI Krisbiyantoro, Kamis, 11 Juli 2024.

Stasiun Yogyakarta, biasa disebut Stasiun Tugu, menjadi stasiun paling sibuk dengan pemberangkatan sebanyak 1.373.740 penumpang. Selanjutnya, Stasiun Lempuyangan sebanyak 730.462 penumpang, Stasiun Solobalapan sebanyak 586.912 penumpang, Stasiun Klaten sebanyak 187.426 penumpang, dan Stasiun Purwosari sebanyak 166.265 penumpang.

Kereta Api Makin Diandalkan

Peningkatan keahlian pikulan penumpang Daop 6 Yogyakarta pada Semester I 2024 ini menunjukkan bahwa moda transportasi menggunakan kereta api semakin diandalkan masyarakat dalam pilihan menggunakan transportasi.

“Guna mengakomodir kenaikan pengguna Daop 6 Yogyakarta telah menyiapkan pelayanan nan optimal agar perjalanan selalu dalam keadaan nyaman, aman, dan selamat,” kata dia.

Pada semester I ini Daop 6 Yogyakarta melakukan peremajaan pada beberapa sarana kereta api dengan mengganti menjadi rangkaian jenis baru ialah Stainless Steel New Generation. Beberapa kereta api nan telah dilakukan peremajaan tersebut diantaranya Taksaka, Lodaya, Banyubiru, Jaka Tingkir, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga. 

Fasilitas Stasiun Ditingkatkan

Tidak hanya dari sisi sarana, dari sisi prasarana Daop 6 juga terus berupaya untuk meningkatkan kenyamanannya. Di Semester I ini Daop 6 memulai beautifikasi Stasiun Yogyakarta dan Klaten untuk mengakomodir peningkatan jumlah pengguna serta meningkatkan pelayanan. 

Iklan

Fasilitas-fasilitas di stasiun juga terus ditingkatkan seperti mengganti bangku ruang tunggu penumpang menjadi lebih nyaman, khususnya bagi pengguna dengan disabilitas. Bagi pengguna nan membawa anak, pada semester I tahun ini Daop 6 telah memperbarui akomodasi bermain anak di beberapa stasiun seperti Yogyakarta, Solobalapan, Lempuyangan, dan Purwosari.

Masih di sisi prasarana, untuk menciptakan perjalanan KA nan lebih kondusif dan selamat, Daop 6 melakukan peningkatan berupa perpanjangan peron dan penggantian wesel di beberapa titik. 

Kemudian untuk memberikan nuansa baru di stasiun khususnya Stasiun Solobalapan dan Yogyakarta, Daop 6 telah mengadakan kegiatan-kegiatan di non-commercial public space stasiun tersebut. Beberapa aktivitas nan telah terselenggara seperti penampilan musik dari mahasiswa, pameran foto dari komunitas, donor darah dari universitas, penampilan tari-tarian, dan lain-lain.     

Daop 6 Yogyakarta bakal terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna dari beragam sisi agar dapat mendukung kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan pengguna saat menggunakan moda transportasi kereta api. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat nan telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas,” kata Krisbiyantoro.

Pilihan Editor: Pemkot Yogya dan PT KAI Tanggapi Tarif Parkir VIP Stasiun Tugu Capai Rp 350 Ribu

Sumber Tempo
Tempo