Jualan Nasi Rames di Vending Machine, Pria Ini Raup Rp 46 Juta Sebulan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Pria ini jualan nasi kukus atau nasi rames khas Malaysia lewat vending machine. Ia sukses meraup penghasilan puluhan juta rupiah per bulan.

Di Malaysia banyak menu nasi rames atau nasi campur yang memiliki lauk hingga harga berbeda. Selain nasi kandar yang populer dengan aneka lauk dan kuahnya yang melimpah, Malaysia juga punya nasi kukus yaitu nasi rames dengan lauk yang lebih sederhana.

Biasanya nasi kukus di jual di pinggir jalan hingga di warung makan sederhana. Namun Mohd Helmi Shahuddin justru memutuskan unntuk menutup kedai nasi kukusnya dan berjualan via mesin otomatis atau vending machine.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari SAYS (30/04), penjual nasi kukus berusia 47 tahun ini sempat berjualan nasi kukus aneka lauk di kawasan Puncak Alam, Malaysia. Seringkali makanannya tidak habis disebabkan cuaca yang tak menentu. Ia juga sering libur jualan karena harus mengantar anaknya yang berkebutuhan khusus ke dokter.

Jualan Nasi Rames di Vending Machine, Pria Ini Raup Rp 46 Juta SebulanJualan Nasi Rames di Vending Machine, Pria Ini Raup Rp 46 Juta Sebulan Foto: Site News

"Saya punya anak berusia sembilan tahun yang berkebutuhan khusus dan memerlukan perhatian dan penjagaan penuh. Jika ada janji dengan dokter, saya memang tidak bisa jualan dan kami tidak memiliki pendapatan apa-apa," ungkap ayah dari empat anak perempuan tersebut.

Untungnya Helmi ikut program pembinaan UMKM di Malaysia bernama INSAN yang memberikan Helmi akses berjualan nasi kukus lewat vending machine canggih.

Vending machine ini diletakkan di tempat strategis yang dilalui banyak orang seperti di Universiti Teknologi Cawangan Selangor di Puncak Alam.

Makanan yang dijualnya di vending machine tersebut cukup beragam. Mulai dari nasi rames ala nasi lemak dengan ayam goreng, nasi lemak pandan, nasi ayam pedas dan nasi ayam popcorn yang semuanya dimasak oleh Helmi dan sang istri. Untuk camilannya mereka juga menjual kebab daging, roti gulung dan bola-bola daging.

Jualan Nasi Rames di Vending Machine, Pria Ini Raup Rp 46 Juta SebulanJualan Nasi Rames di Vending Machine, Pria Ini Raup Rp 46 Juta Sebulan Foto: Site News

Harga makanan yang dijual cukup murah dan terjangkau untuk kantong mahasiswa sehingga dagangan nasi ramesnya laris manis. Kisaran harganya dari RM 2 (Rp 6.800) - RM 5 (Rp 17.000).

Berkat kerja kerasnya ini sekarang Helmi bisa mengantongi penghasilan sampai RM 14.000 atau setara dengan Rp 46 juta sebulannya. Ia juga sangat terbantu dengan program INSANI karena biaya sewa vending machine hingga sewa tempat yang ditanggung selama dua tahun.

Simak Video " Sate Pak Rebing yang Legendaris di Bogor Sejak Tahun 1942"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food