Joe Biden Janji Pertahankan Setiap Inci Wilayah NATO

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Amerika Serikat (AS) menekankan komitmennya memihak wilayah Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan mendukung Ukraina memperjuangkan kedaulatannya di tengah invasi Rusia. Presiden AS Joe Biden dan Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin menyampaikan komitmen tersebut di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO pada Rabu, 10 Juli 2024.

Para pemimpin aliansi berjumpa di KTT NATO nan berjalan selama tiga hari di Washington, di mana mereka menetapkan langkah-langkah tambahan untuk terus memperkuat NATO melalui investasi krusial pada industri pertahanan. Investasi tersebut mencakup peningkatan produksi industri pertahanan dan janji untuk saling mengoordinasikan rencana nasional guna memperkuat kapabilitas industri pertahanan. Biden mengatakan janji itu sangat krusial seiring berlanjutnya agresi Rusia di Ukraina.

“Saat ini, Rusia berada pada posisi perang dalam perihal produksi pertahanan,” katanya. “Mereka meningkatkan produksi senjata, amunisi, dan kendaraan secara signifikan. Dan mereka melakukannya dengan support Cina, Korea Utara, dan Iran.”

Biden mengatakan janji untuk meningkatkan investasi pertahanan merupakan pesan kuat setiap personil NATO tetap berkomitmen untuk memperkuat aliansi tersebut. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pun mengamini pernyataan tersebut. Ia berjanji pihaknya bakal terus memperkuat pertahanan kolektif dan tindakan pencegahan bagi NATO terhadap tantangan apa pun.

“Kami bisa dan bakal mempertahankan setiap inci wilayah NATO. Dan kami bakal melakukannya bersama-sama,” kata Biden.  

Berbicara di Forum Publik NATO di hari nan sama, dia mengatakan Amerika Serikat tidak bakal terseret ke dalam perang nan dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin secara sengaja dan “sembrono”.

Iklan

“Tetapi kami bakal mendukung Ukraina saat mereka memperjuangkan kedaulatan dan keamanannya. Kami bakal memihak setiap inci NATO,” kata Austin, seperti dikutip Anadolu.

Perang di Ukraina telah memasuki hari ke-868 sejak Rusia melancarkan invasinya pada 24 Februari 2022. Para pemimpin NATO telah berjanji memberikan Ukraina support militer dengan jumlah setidaknya 40 miliar euro dalam waktu setahun ke depan untuk membantunya berperang.

ANADOLU

Pilihan editor: Pesan Khusus NATO untuk China Soal Kerja Sama dengan Rusia

Ikuti buletin terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Sumber Tempo
Tempo