Jepang Juara Piala Asia U-23 2024 Usai Kalahkan Uzbekistan 1-0

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Timnas U-23 Jepang keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Uzbekistan pada partai final di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Jumat malam, 3 Mei 2024. Fuki Yamada mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Jepang mengalahkan Uzbekistan dengan skor tipis 1-0 setelah Fuki Yamada menciptakan gol pada waktu tambahan babak kedua. Ini merupakan gelar kedua Jepang pada arena Piala Asia U-23 setelah menjadi juara pada jenis 2016. Saat itu, tim muda Samurai Biru mengalahkan Korea Selatan di partai final.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, Uzbekistan menciptakan kesempatan terlebih dulu melalui tendangan Husain Norchaev. Peluang itu tetap dapat diamankan kiper Jepang Leo Kokubo. Norchaev kembali memberikan ancaman ke lini pertahanan Jepang, bakal tetapi kali ini tendangannya tetap melebar ke sisi kiri.

Sempat tertekan, Jepang bisa menciptakan kesempatan melalui tendangan dari Kein Sato. Tendangan itu tetap melebar dari gawang Uzbekistan.

Selanjutnya, giliran Jasurbek Jaloliddinov nan tendangan jarak jauhnya tetap membentur mistar gawang dari Jepang. Skor 0-0 memperkuat hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Jepang mengambil inisiatif menyerang terlebih dulu dan beberapa kali melepaskan tendangan. Namun, tendangan itu dapat diblok pemain Uzbekistan.

Iklan

Setelah beberapa saat, giliran Uzbekistan nan berbalik menyerang lini pertahanan Samurai Biru, bakal tetapi beberapa upaya mereka belum membuahkan hasil. Jual beli serangan terus dilakukan oleh kedua negara, namun tak ada kesempatan matang nan membahayakan untuk masing-masing penjaga gawang.

Memasuki waktu tambahan babak kedua, tepatnya pada menit 90+1 Jepang bisa membobol gawang Uzbekistan setelah umpan Ryotaro Araki dapat dikonversikan menjadi gol oleh Fuki Yamada sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Uzbekistan mempunyai kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan, namun tendangan penalti Umarali Rahmonaliyev dapat diselamatkan Leo Kokubo. Uzbekistan terus menggempur lini pertahanan Jepang, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 tetap bertahan.

Statistik pertandingan menunjukkan kekuasaan Uzbekistan dalam laga tersebut. Tim Serigala Putih bisa menguasai 52,3 persen penguasaan bola, sedangkan Jepang hanya 47,7 persen. Uzbekistan juga punya 18 kesempatan mencetak gol dengan lima kesempatan tepat mengarah ke gawang. Namun, Jepang bisa tampil lebih efektif. Tim ini hanya punya delapan kesempatan dengan dua di antaranya tepat sasaran. 

Pilihan Editor: Pelatih Radhi Shenaishil: Timnas Irak U-23 Layak Tampil di Olimpiade Paris 2024

Sumber Tempo
Tempo