Jemaah Haji Wajib Perhatikan 6 Larangan Saat Berhaji, dari Berfoto hingga Merokok

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Saat berhaji, ada beberapa larangan nan ditetapkan pemerintah Arab Saudi nan kudu diikuti jemaah haji untuk menjaga situasi dan kondisi agar ibadah haji tetap kondusif dan prosesi melangkah dengan lancar. Berikut 6 larangan haji dikutip dari laman kemenag.co.id

1. Mengambil gambar dalam lama lama dan statis

Mungkin saja berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menjadi momen nan jarang terjadi. Maka tak heran banyak orang berupaya untuk mengabadikannya dengan berfoto dan video sebagai kenang-kenangan.

Mengambil foto alias video tidak dilarang selagi belum melampaui pemisah nan ditetapkan oleh pemerintah setempat. Namun, jika mengambil foto alias video dengan lama terlalu lama dan tetap bakal menimbulkan kecurigaan bagi petugas keamanan setempat terutama di saat- saat tertentu seperti tawaf, sa'i, tahalul, alias bermohon di Raudah. Terlebih jika dilakukan dengan support perangkat lain seperti tripod lampu, alias kabel-kabel dan sejenisnya.

2. Membentangkan Spanduk dan Bendera

Otoritas Saudi melarang keras pengibaran penanda-penanda tersebut. Bahkan jamaah juga dilarang membentangkan bendera Merah Putih, dikutip dari laman Kemenag, Rabu, 7 Juni 2023. Maka jangan sekali-sekali membentangkan spanduk, banner alias bendera nan untuk menunjukkan identitas meskipun mungkin bendera negara. Kebijakan ini bertindak di dalam maupun di luar kompleks masjid.

3. Berkerumun lebih dari 5 orang dalam waktu lama

Saat berada di kompleks masjid dilarang untuk berkerumun. Petugas keamanan Saudi menerapkan patokan ketat tentang mengenai perkerumunan nan melampaui 5 orang denfan lama nan lama. Perkerumunan dalam jumlah lebih dari 5 orang dengan lama lama kana menimbulkan kecurigaan petugas keamanan. Ia bakal mengusir jika jamaah nan bergerombol nan menghalang pergerakan orang. Jika mau berkumpul, sebaiknya tidak dilakukan di dalam masjid serta dalam waktu nan lama.

4. Mengambil Barang Temuan

 Dengan jumlah jamaah di masjid nan sangat banyak seringkali terjadi barang- peralatan tertinggal. Terkait dengan barang-barang ini, jangan mengambilnya begitu saja meskipun untuk membantu mengamankan peralatan tersebut. Jika jamaah mengambil peralatan nan tergeletak, maka bisa saja bakal dianggap mencuri.

Jika menemukan peralatan segera hubungi pihak nan berkuasa seperti para petugas untuk mengamankan peralatan tersebut. Pihak keamanan masjid telah memasang banyak CCTV di dalam dan di luar masjid nan merekam aktivitas jamaah nan mencurigakan.

5. Membuang Sampah Sembarangan

Masalah kebersihan sangat dijaga saat berada di kompleks masjid. Jamaah haji dilarang untuk membuang sampah secara sembarangan. Di area masjid sudah disediakan kotak sampah, beberapa petugas juga siap menerima sampah nan ditemukan.

Jika susah menemukan tempat sampah, maka sebaiknya jamaah menyimpan dulu sampahnya untuk kelak dibuang di tempat nan tepat. Jika ketahuan sengaja mengotori masjid dan sekitarnya jamaah bakal terekam CCTV. Tak lama kemudian, askar masjid bakal menahan untuk dilakukan pemeriksaan dan sebagainya.

6. Merokok

Merokok menjadi salah satu aktivitas nan dilarang saat berada dikompleks masjid. Merokok sebaiknya dilakukan di tempat nan jauh dari area masjid. Sebab jika ketahuan pasti bakal diingatkan. Bahkan sebagian petugas bakal memproses secara norma jemaah nan ketahuan melanggar patokan ini.

Itulah 6 larangan berhaji. Memperhatikan larangan dan patokan saat berada di suatu tempat merupakan perihal nan krusial untuk diketahui. Jangan sampai ketidaktahuan kita menyebabkan kita malah terlibat masalah.

Pilihan Editor: Arab Saudi Larang Selfie di Madjidil Haram dan Masjid Nabawi

Sumber Tempo
Tempo