Jadwal Semifinal Piala Uber 2024 Sabtu 4 Mei: Indonesia vs Korea Selatan dan Cina vs Jepang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Pertandingan semifinal Piala Uber 2024 bakal digelar pada Sabtu, 4 Mei 2024. Tim bulu tangkis putri Indonesia bakal berduel melawan Korea Selatan, sedangkan partai lain tim tuan rumah Cina kontra Jepang.

Kedua pertandingan itu bakal berjalan berbarengan di Hi Tech Zone Sports Centre, Chengdu, Cina, mulai 08.30 WIB. Tim tuan rumah Cina vs Jepang bakal dimainkan di lapangan 1, sedangkan Indonesia vs Korea Selatan di lapangan 2. 

Cina ke semifinal setelah menyingkirkan Denmark 3-0. Sementara, Jepang mengalahkan India juga dengan skor sama. Sedangkan Indonesia mengalahkan Thailand dan Korea Selatan menyingkirkan Taiwan, semuanya dengan skor 3-0.

Tim Uber Indonesia nan tampil di jenis ini diperkuat pemain senior dan junior. Saat mengalahkan Thailand, kemenangan diraih berkah poin nan disumbang Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu / Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo. 

Karena tiga pemain awal nan turun semuanya menang, dua partai lanjutan tidak perlu dimainkan. Semula, Lanny Tria Mayasari / Ribka Sugiarto dan Komang Ayu Cahya Dewi nan diplot turun untuk laga berikutnya.

Gregoria mengalahkan Ratchanok Intanon dengan skor 22-20, 21-18. Itu menjadi kemenangan pertamanya atas pemain Thailand tersebut setelah delapan laga sebelumnya selalu kalah. 

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Tim Humas PBSI

Berikutnya Apriyani / Fadia menaklukkan Jongkolphan Kititharakul / Rawinda Prajongjai dengan skor 21-17, 21-14. Apriyani nan sebelumnya diistirahatkan lantaran argumen pemulihan cedera, tampil apik berbareng pasangannya di laga ini. Alhasil, mereka kembali bisa menaklukkan pasangan Thailand itu, setelah dua kali mengalahkan mereka dalam tiga pertemuan sebelumnya.

Ester nan menjadi penentu kemenangan, bermain ngotot saat menghadapi Supanida Katethong. Setelah kalah di game pertama, dia terus memberikan perlawanan ketat dan akhirnya bisa memenangi dua game berikutnya. Duel baru berhujung setelah 1 jam 23 menit, dengan skor akhir 19-21, 21-19, 21-19.

Formasi Sama Akan Dimainkan di Semifinal

Formasi nan dimainkan untuk perempat final bakal kembali dipasang untuk menghadapi Korea Selatan di semifinal Piala Uber 2024. Dari susunan pemain nan sudah dirilis di bwf.tournamentsoftware.com, Gregoria kembali menjadi tunggal pertama. Berikutnya Ester dan Komang menjadi tunggal kedua dan ketiga.

Peluang Gregoria untuk menjadi penyumbang poin pertama terbuka lebar lantaran musuh nan dihadapi Sim Yu Jin, ranking ke-37 dunia, bukan pemain terbaik Korea, An Se Young nan sekarang nomor satu dunia. Sebelumnya, di laga terakhir ketika mengalahkan Taiwan di perempat final An Se Young menyumbang poin pertama untuk timnya.

Gregoria mempunyai catatan pertemuan unggul tiga kali menang dan hanya sekali kalah melawan Sim dalam empat perjumpaan sebelumnya. Tetapi, menghadapi An Se Young, pemain Indonesia rangking sembilan itu belum pernah menang dalam enam pertemuan mereka. 

Dengan memandang catatan rekor pertemuan pemain, Gregoria diprediksi bisa memenangi pertandingan semifinal Piala Uber 2024. Apalagi, performanya sedang dalam tren bagus. Dia baru saja mengalahkan pemain top Thailand, Ratchanok Intanon dan tunggal terbaik Jepang, Akane Yamaguchi, di dua laga terakhir di turnamen beregu ini.

Absennya An Se Young memberikan akibat positif untuk dua tunggal putri Indonesia berikutnya. Lawan nan dihadapi Ester dan Komang mempunyai ranking di bawah mereka. 

Ester nan berada di urutan ke-38 bumi bakal melawan Kim Ga Ram nan menduduki rangking 74 dunia. Sedangkan, Komang melawan Kim Min Sun nan belum mempunyai peringkat. Keduanya berkesempatan besar menyumbang poin. 

Sementara, duel sengit kemungkinan bakal terjadi di sektor ganda. Apriyani / Fadia bakal melawan Baek Ha Na / Lee So Hee nan sekarang menjadi pemain rangking dua dunia. Mereka kalah rekor pertemuan, 1-3, dengan kekalahan di laga terakhir saat China Open 2023 pada September tahun lalu. 

Selanjutnya, Lanny / Ribka bakal menghadapi Jeong Na Eun / Kong Hee Yong untuk pertama kalinya di kejuaraan ini. Peluangnya tetap terbuka untuk menyumbang poin. 

Iklan

Halaman berikutnya, susunan pemain nan dimainkan di semifinal Piala Uber 2024.

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Sumber Tempo
Tempo