ICC Keluarkan Perintah Penangkapan Eks Menhan-Jenderal Rusia

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Den Haag -

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu dan jenderal militer terkemuka Rusia Valery Gerasimov atas dugaan kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan selama invasi ke Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (26/6/2024), hal itu menambah jumlah surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh ICC terhadap tersangka-tersangka pejabat elder Rusia menjadi sedikitnya delapan surat perintah penangkapan sejak Moskow mengirimkan pasukannya ke Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Terdapat nama Presiden Vladimir Putin dalam daftar pejabat elder Rusia yang masuk daftar perintah penangkapan ICC tersebut. Perintah penangkapan yang dirilis ICC untuk Putin itu terkait dakwaan mendeportasi anak-anak Ukraina ke Rusia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Surat perintah penangkapan untuk Shoigu yang sebelumnya menjabat Menhan Rusia dan Gerasimov yang menjabat Kepala Staf Jenderal Angkatan Bersenjata Rusia dirilis oleh ICC yang berkantor di Den Haag, Belanda, pada Selasa (25/6) waktu setempat.

Dijelaskan oleh ICC bahwa Shoigu dan Gerasimov diduga telah melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan karena mengarahkan serangan-serangan terhadap warga sipil dan objek-objek sipil di wilayah Ukraina.

Para hakim ICC, sebut ICC dalam pernyataannya, menemukan adanya "alasan yang masuk akal untuk meyakini bahwa kedua tersangka bertanggung jawab atas serangan-serangan rudal yang dilancarkan oleh Angkatan Bersenjata Rusia terhadap infrastruktur listrik Ukraina" antara 10 Oktober 2022 hingga 9 Maret 2023.

Langkah ICC itu disambut baik oleh Kyiv, namun dianggap tidak ada artinya secara hukum oleh Moskow.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Saat Pejalan Kaki Nyaris Dihantam Bom Rusia di Kharkiv':

[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik News
Detik News