Helldy: Aspal Plastik di Cilegon Bisa Jadi Percontohan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

INFO NASIONAL – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian berterima kasih atas kerjasama antara PT Chandra Asri Pacific Tbk dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Kerja sama ini bisa mengolah sampah plastik menjadi aspal. Helldy optimistis aspal plastik tersebut dapat menjadi percontohan bagi wilayah lain.

“Penggunaan aspal plastik ini dapat menjadikan contoh corak pengoptimalisasian pengelolaan sampah di Kota Cilegon,” ujarnya saat meresmikan aktivitas pengaspalan menggunakan aspal plastik di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kecamatan Cilegon, Jumat 3 Mei 2024.

“Kami sangat bangga dan mengucapkan terimakasih kepada PT Chandra Asri nan telah banyak membantu Kota Cilegon, terutama dengan pemberian dan pengaspalan menggunakan aspal plastik nan merupakan penemuan baik dari PT Chandra Asri.”

Aspal plastik, Helldy melanjutkan, krusial untuk Kota Cilegon, terutama menjelang penyelenggaraan aktivitas Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) nan dilaksanakan di Kota Cilegon.

“Sebentar lagi Kota Cilegon bakal kehadiran tamu dari Akkopsi. Sekitar 200 lebih kota dan kabupaten di Indonesia bakal datang ke Kota Cilegon. Salah satu tempat nan bakal di kunjungi adalah TPSA Bagendung ini, maka ini menjadi krusial untuk kami,” ucap Helldy.

Sebagai informasi, Cilegon menjadi percontohan lantaran mempunyai pabrik pengelolaan sampah menjadi Co-firing pertama dan terbesar di Indonesia.

Iklan

Di tempat nan sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Sabri Mahyudin menjelaskan bahwa pengaspalan kali ini dilakukan sepanjang 146 meter jalan di dalam area TPSA Bagendung.

Ia pun sependapat dengan Helldy, bahwa aspal plastik dapat menjadi contoh penemuan di Kota Cilegon. "Bahkan jika bisa juga digunakan sampai luar Kota Cilegon,” kata Sabri.

Adapun, Direktur Legal dan External Affair PT Candra Asri Pacific Tbk, Eddy Rivai menerangkan bahwa penggunaan aspal plastik bukan perihal baru bagi PT Chandra Asri. “Untuk ditahun ini saja TPSA Bagendung adalah titik kedua nan kami aspal. Sebelumnya Jalan Lingkar Selatan (JLS) juga sebagian ada nan menggunakan aspal plastik kami. Dapat dilihat juga kualitasnya dari aspal nan telah kita laksanakan di JLS tetap dengan kondisi nan baik sampai pada hari ini,” kata dia.

Eddy juga berambisi penggunaan aspal plastik dapat menjadi contoh dan digunakan lebih masif lagi. “Serta ke depannya dapat digunakan lebih luas lagi di Kota Cilegon, lantaran PT Candra Asri juga merupakan bagian dari Kota Cilegon,” ujarnya. (*)

Sumber Tempo
Tempo