Hasil Piala Uber 2024: Gregoria Mariska Tunjung Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Korea

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Atlet tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung membuka kemenangan pertama Indonesia atas Korea Selatan pada babak semifinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu, 4 Mei 2024. Gregoria menang atas Sim Yu Jin melalui dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-13 dalam tempo 32 menit.

“Puji Tuhan, saya bisa membuka poin pertama untuk Indonesia,” kata Gregoria, saat ditemui usai pertandingan.

Gim pertama dibuka dengan cukup mulus bagi Gregoria. Tunggal putri ranking sembilan bumi itu segera memegang kontrol dan mendominasi jalannya pertandingan.

Meski sang tunggal putri muda Korea Selatan bisa sedikit demi sedikit meraih angka, Gregoria tidak lengah dan tetap menjaga optimismenya hingga membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-15.

“Di pertandingan ini, saya hanya mempersiapkan keberanian saya lantaran line-up tidak sesuai ekspektasi sebelumnya. Aku mencoba untuk lebih rileks, apalagi terakhir kali ketemu musuh saya kalah. Jadi, saya mencoba untuk lebih tenang dan tidak menggebu-gebu dan saya lebih nyaman di lapangan daripada lawanku,” ujar Gregoria.

Di gim kedua, Gregoria tetap percaya diri meskipun Sim Yu Jin berupaya untuk mengejar ketertinggalannya. Kualitas pukulan dan pertahanan solid Gregoria pun semakin menyulitkan bagi musuh untuk meraih angka. Juara Kumamoto Masters 2023 itu pun akhirnya meraih matchpoint pertamanya di gim kedua, lampau segera membungkus kemenangan 21-13.

Iklan

Masih ada empat wakil nan bakal memperkuat tim bulu tangkis putri Indonesia nan turun pada babak semifinal Piala Uber 2024 hari ini. Dari sektor tunggal, ada Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi. Sedangkan dari nomor dobel ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti serta Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Ini merupakan semifinal Piala Uber pertama Indonesia setelah penantian 14 tahun lamanya. Terakhir kali Indonesia lolos ke babak empat besar adalah pada jenis 2010 nan diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Para srikandi Merah Putih mempunyai kesempatan untuk lolos ke babak final dan jika perihal itu terjadi, maka itu adalah pertama kalinya sejak Piala Uber 2008, di mana Maria Kristin, Lilyana Natsir dan kawan-kawan menantang tim China di kandang sendiri dan kalah 0-3.

“Aku percaya pasti ada kans (untuk lolos ke babak final). Aku percaya sekali dengan tim aku, mereka bakal berupaya nan terbaik juga. Jadi saya berupaya support mereka (ketika pertandinganku selesai),” kata Gregoria. “Walaupun kesempatannya terbuka, tapi kesempatan itu tak bakal tercapai jika kita tidak berusaha. Aku berambisi tim saya melakukan nan terbaik.”

Pilihan Editor: Bila Justin Hubner Benar-benar Absen, Timnas U-23 Indonesia Dinilai Akan Kesulitan saat Hadapi Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Sumber Tempo
Tempo