Hasil Piala Uber 2024: Ester Nurumi Tri Wardoyo Menang, Apriyani / Fadia Kalah, Indonesia vs Korea 2-1

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Atlet tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, sukses mengalahkan wakil Korea Selatan, Kim Ga Ran, dalam pertandingan ketiga semifinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, pada Sabtu, 4 Mei 2024. Kemenangan dalam duel tiga game nan berhujung 20-22 21-16 21-12 ini mengembalikan kelebihan Indonesia 2-1 atas Korea.

Ester tampil dominan sejak awal game pertama. Mengandalkan ragam serangan bola lob dan smash keras, dia bisa mendapatkan kelebihan 11-7 pada interval pertama. Namun, situasi berbalik setelah jeda. Kim Ga Ran sukses memanfaatkan bola-bola tanggung Ester untuk menyamakan kedudukan 18-18.

Ester kandas keluar dari tekanan. Sempat mendapatkan kesempatan game point, dia justru kandas mengantisipasi bola-bola jeli Kim Ga Ran di depan net. Laga berhujung 22-20 untuk kemenangan wakil Korea di game pertama.

Pada game kedua, Ester mencoba bermain lebih sabar dalam mengantisipasi permainan garang Kim Ga Ran nan mengandalkan smash keras. Strategi itu membikin Ester bisa memetik kelebihan 11-4 pada interval game kedua. Ester bisa menjaga momentum itu hingga akhir dan menutup game kedua dengan 21-16.

Pada game ketiga, Ester berada dalam tekanan agresivitas Kim nan suka bermain drive dan smash keras. Perolehan poin juga ketat. Meski acapkali kerepotan mengantisipasi smash lawannya, Ester bisa mendapatkan kelebihan 11-8 pada interval game ketiga.  

Dua smash keras sempat membikin Kim Ga Ran memperkecil selisih poin. Namun, Ester sukses mengatasi tekanan tersebut. Variasi serangan ke area belakang wakil Korea, netting, dan smash keras membikin Ester melaju menutup game ketiga dengan skor 21-12. 

Iklan

Kemenangan Ester membikin kelebihan Indonesia 2-1 atas Korea Selatan di semiinal Piala Uber 2024. Gregoria memetik kemenangan pertama. Korea Selatan bisa menyamakan kedudukan setelah Baek Ha Na dan Lee So Hee mengalahkan jagoan Indonesia, Apriyani Rahayu / Siti Fadia Silva Ramadhanti. 

Berikut susunan pemain Indonesia vs Korea Selatan di semifinal:

Gregoria Mariska Tunjung vs Sim Yu Jin: 21-15, 21-13.
Apriyani Rahayu / Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Bek Ha Na / Lee So Hee:  6-21, 18-21.
Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Kim Ga Ram: 20-22 21-16 21-12
Lanny Tria Mayasari / Ribka Sugiarto vs Jeong Na Eun / Kong Hee Yong
Komang Ayu Cahya Dewi vs Kim Min Sun 

Pilihan Editor: Daftar Lengkap Juara Piala Asia U-23 setelah Jepang Jadi Kampiun Edisi 2024

Sumber Tempo
Tempo