Grand Syaikh Al-Azhar Kunjungi Pondok Pesantren Darunnajah, Tambah Peluang Studi Mahasiswa Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Grand Syaikh Al-Azhar Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb mengunjungi Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta pada Kamis, 11 Juli 2024. Universitas Al-Azhar Kairo terkenal sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di dunia. Kunjungan itu guna memperkuat hubungan bilateral di bagian pendidikan Islam antara Indonesia dan Mesir.

Grand Syaikh Al-Azhar menegaskan pentingnya kerja sama tersebut. "Al-Azhar dan Darunnajah mempunyai visi nan sama dalam mencetak generasi Muslim nan beriman, beradab mulia, dan siap menghadapi tantangan global. Kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari persaudaraan Islam nan melampaui pemisah negara," ungkapnya melalui keterangan resmi, Kamis malam, 11 Juli 2024.

Senada dengan Grand Syaikh Al-Azhar, Pemimpin Pondok Pesantren Darunnajah, Sofwan Manaf, mengatakan dirinya merasa terhormat atas kunjungan tersebut. "Ini merupakan bukti nyata eratnya hubungan antara Darunnajah dan Al-Azhar, serta komitmen berbareng dalam memajukan pendidikan Islam," ujarnya.

Sebagai informasi, kedua lembaga tersebut telah menjalin kerja sama di bagian pendidikan Islam selama bertahun-tahun, ditandai dengan adanya pertukaran pelajar dan pengakuan akademis.

Sekitar 300 alumni Darunnajah telah melanjutkan studi mereka di Universitas Al-Azhar, Kairo. Para alumni ini kemudian kembali ke Indonesia dengan membawa pengetahuan pengetahuan dan pengalaman nan dapat mereka kontribusikan pada pengembangan pendidikan Islam di tanah air.

Iklan

Pada momen berhistoris itu, Universitas Al-Azhar memberikan piagam Muadalah alias penyetaraan kepada Pondok Pesantren Darunnajah. Piagam itu memberikan pengakuan resmi bahwa kurikulum dan standar pendidikan di Darunnajah setara dengan nan diterapkan di Al-Azhar. 

Hal itu memberikan kesempatan lebih besar bagi para santri Darunnajah untuk melanjutkan studi ke Al-Azhar alias universitas-universitas terkemuka lainnya di Timur Tengah. Imam Besar Al-Azhar asal Mesir tercatat sudah berjamu ke Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir sebanyak tiga kali, ialah tahun 2016, 2018, dan tahun ini.

Pilihan Editor: Disodorkan Jadi Cawagub Kaesang di Jakarta, Jusuf Hamka: Inalillahi Wainailaihi Rojiun

Sumber Tempo
Tempo