Gegara Makan Sup Kemasan, Wanita ini Sakit Sampai Pakai Ventilator

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Seorang wanita terbaring di rumah sakit dengan kondisi yang sangat buruk. Alasan kondisinya seperti saat ini karena sempat makan sup kemasan.

Pelanggan perlu sangat hati-hati ketika membeli makanan kemasan di supermarket atau makanan lain dari restoran apapun. Sebab, makanan yang mereka tawarkan bisa saja tidak terjamin kualitasnya. Sekalipun enak, belum tentu makanan tersebut aman.

Beberapa kasus telah menunjukkan bagaimana makanan yang dibeli di supermarket atau restoran ini justru merugikan, sampai bisa membahayakan nyawa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu korbannya Claudia de Albuquerque Celada, wanita 23 tahun yang saat ini berjuang dengan ventilator di rumah sakit karena sempat menikmati makanan kemasan.

Wanita asal Brazil itu sedang bekerja di Aspen, Colorado untuk melakukan program pertukaran pelajar ketika ia mulai terjangkit penyakit ini.

Menurut laporan, kondisi wanita itu sangat parah karena ia sampai menderita kelumpuhan, pusing, penglihatan yang kabur, hingga sesak napas. Dirinya pun telah dirawat di rumah sakit sejak bulan Februari, lapor unilad.com (24/04).

Sejak saat itu, Claudia berada di Pusat Medis Swedia di Denver dan sehari-harinya menggunakan ventilator.

Gegara Makan Sup Kemasan, Wanita ini Sakit Sampai Pakai VentilatorSeperti ini kondisi wanita itu yang sheari-harinya perlu pakai Ventilator. Foto: vakinha/cacau_albuquerque/Instagram)

Wanita 23 tahun ini juga didiagnosis menderita botulisme. Menurut Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit (CDC), penyakit ini digambarkan sebagai penyakit langka tetapi serius.

Disebabkan oleh racun yang menyerang saraf tubuh dan menyebabkan kesulitan bernapas, kelumpuhan otot, bahkan kematian.

Terkait penyebabnya, ternyata Claudia sempat mengonsumsi sup. Ia sempat membeli sup kemasan dari merek terkenal di Amerika Serikat.

Meskipun tes sampel sup menunjukkan hasil negatif botulisme, diyakini caranya menyimpan sup bisa menjadi penyebab penyakitnya. Claudia mungkin juga gagal memanaskan kembali sup tersebut dengan benar.

Kini Departemen Kesehatan Pitkin County telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk memastikan memanaskan kembali makanan secara benar.

Gegara Makan Sup Kemasan, Wanita ini Sakit Sampai Pakai VentilatorDiduga wanita ini sakit karena makan sup kemasan yang mungkin proses penyimpanannya tidak benar. Foto: vakinha/cacau_albuquerque/Instagram)

Untuk kasus yang dialami Claudia sendiri, para petinggi di Departemen Kesehatan setempat cukup yakin bahwa permasalahan tersebut bukan berasal dari produk supnya.

Kondisi Claudia sangat mengkhawatirkan. Saudara perempuannya pun sempat berencana ingin mengembalikan Claudia ke Brazil untuk kumpul bersama keluarga.

Menurut saudara perempuannya, kumpul bersama keluarga akan lebih efektif untuk memulihkan kondisi Claudia. Mengingat biaya rawat rumah sakit yang sangat mahal.

Kini keluarga wanita ini telah melakukan penggalangan dana untuk membayar tagihan pengobatan Claudia.

Sebagai informasi tambahan, botulisme atau penyakit yang dialami Claudia merupakan penyakit langka akibat racun yang menyerang sistem saraf. Racun ini dihasilkan dari bakteri Clostridium botulinum,lapor siloamhospitals.com.

Botulisme pun bisa disebabkan akibat konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri C Botulinum, terutama makanan kalengan yang tidak diproses dengan baik.

Simak Video "Makan Ayam Goreng Warung Doyong, Seperti Apa Kelezatannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/aqr)

Sumber Detik Food
Detik Food