Enam Jemaah Haji Yordania Meninggal di Mekkah Imbas Panas Ekstrem

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Minggu, 16 Jun 2024 08:40 WIB

Enam penduduk negara Yordania meninggal bumi saat rangkaian Ibadah Haji di Mekkah akibat suhu panas. Ilustrasi. Enam penduduk negara Yordania meninggal bumi saat Ibadah Haji akibat suhu panas ekstrem. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN

Jakarta, CNN Indonesia --

Enam jemaah haji meninggal bumi saat menjalankan rangkaian Ibadah Haji di Mekkah, akibat suhu panas ekstrem nan mencapai 48 derajat Celsius.

Dilansir CNN, keenam jemaah tersebut adalah penduduk negara Yordania. Pihak Kementerian Luar Negeri Yordania sekarang tengah berkoordinasi dengan pihak berkuasa Saudi di Jeddah, soal prosedur penguburan dan kemungkinan pemulangan jenazah kembali ke Yordania.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keponakan salah satu jemaah Yordania nan meninggal bumi mengatakan bibinya meninggal di Gunung Arafat dan kemungkinan bakal dimakamkan di Arab Saudi.

Otoritas Umum Statistik Saudi mengatakan lebih dari 1,8 juta orang menunaikan Ibadah Haji tahun ini.

Tahun ini, suhu di Arab Saudi diperkirakan bakal mengalami panas ekstrem selama lima hari rangkaian ibadah haji, dengan suhu mencapai 48 derajat Celsius di Mekkah.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi, Muhammad Al-Abdulaali, telah mengimbau jemaah untuk membawa payung dan tetap terhidrasi di tengah suhu panas.

Selain itu tentara Saudi juga telah mengerahkan lebih daru 1.600 personel dengan unit medis unik untuk mengantisipasi masalah kesehatan akibat heatsrroke, serta 5.000 sukarelawan untuk pertolongan pertama.

Sebelumnya pemerintah Yordania mengatakan adalah lebih dari 4.000 penduduk negaranya nan mengikuti Ibadah Haji tahun ini.

Namun, Kemlu Yordania menjelaskan bahwa enam orang nan meninggal itu bukan bagian dari "delegasi resmi". Artinya mereka kemungkinan tak mempunyai izin nan sah untuk menunaikan ibadah haji.

(dna)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo