Elkan Baggott Dipanggil untuk Bela Timnas Indonesia Hadapi Guinea, PSSI Tunggu Respons Bristol Rovers

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Tim Nasional (BTN) PSSI memanggil Elkan William Tio Baggott alias Elkan Baggott untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada babak playoff menuju Olimpiade Paris 2024. Timnas Indonesia bakal menghadapi Guinea dalam perebutan tiket terakhir menuju arena olahraga multicabang terbesar di bumi tersebut.

"Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap Elkan Baggot dan tinggal menunggu respon dari klubnya (Bristol Rovers)," ujar Ketua BTN Sumardji dalam keterangan nan diterima di Jakarta, Sabtu, 4 Mei 2024.

Elkan Baggot dikenal publik pada 2020 ketika dipanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk memperkuat timnas Garuda U-19 dalam laga persahabatan melawan Makedonia Utara. Pemain keturunan Indonesia-Inggris itu mulai berasosiasi dengan tim junior Ipswich Town pada 2019 dan berasosiasi dengan klub senior pada 2020.

Elkan menandatangani perjanjian ahli pertamanya dengan Ipswich Town pada 2021 dan mencatatkan rekor sebagai pemain Indonesia pertama nan berkompetensi di Liga Inggris. Kini, penyerang berumur 21 tahun itu kembali dipanggil untuk berasosiasi berbareng Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menghadapi laga krusial melawan Guinea.

Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni laga play off melawan wakil dari Afrika, Guinea, di Paris pada 9 Mei 2024, di Paris. Ini merupakan kesempatan terakhir untuk tampil pada Olimpiade Paris.

Anak asuh pembimbing Shin Tae-yong belum bisa mengamankan tiket berkompetisi pada arena olahraga tertinggi bumi pada kesempatan pertama saat kalah melawan Irak dengan skor 1-2 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis, 2 Mei 2024.

Iklan

Adapun Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan penampilan Garuda Muda pada Piala Asia sangat membanggakan lantaran bisa menjadi empat terbaik dalam kejuaraan tingkat Asia termasuk Australia. "Garuda Muda tampil sebagai tim debutan, tapi bisa menjadi salah satu dari empat tim terbaik di turnamen ini, (Piala Asia)," ujarnya.

Erick mengatakan kesempatan Garuda Muda untuk bisa tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga tetap terbuka melalui laga melawan Guinea. "Kita kudu berjuang di pertandingan melawan Guinea," katanya.

Guinea merupakan tim nan berstatus ranking empat Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan ranking FIFA nan dirilis pada April, Guinea menempati ranking ke-76 FIFA dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia berada di ranking ke-134 FIFA dengan mengemas 1102,7 poin.

Pilihan Editor: Bila Justin Hubner Benar-benar Absen, Timnas U-23 Indonesia Dinilai Akan Kesulitan saat Hadapi Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Sumber Tempo
Tempo