Dukung Hasto Kristiyanto, FX Rudy Sebut PDIP Solo Siap Amankan Aset dan Simbol Partai

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Solo - Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo memimpin langsung gelaran Haul Bung Karno ke-54 tahun di Graha Megawati PDIP Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat sore, 21 Juni 2024. 

Dalam kesempatan itu, Rudy, sapaan berkawan FX Hadi Rudyatmo, berbareng jejeran pengurus DPC dari tingkat kota hingga ranting, segenap kader serta Satgas PDIP, menyampaikan pernyataan sikap untuk senantiasa menjaga dan mengamankan aset dan simbol partai.

Sikap tersebut termasuk memberikan support kepada Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto beserta stafnya, Kusnadi, nan saat ini sedang berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK. 

Rudy menyebut bahwa pernyataan sikap itu untuk kepentingan partai dan kepentingan bangsa. Dari jejeran pengurus DPC, PAC, ranting, anak ranting, badan, departemen dan sayap PDIP Kota Solo, siap bergerak dan digerakkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan. 

"Untuk menjaga dan mengamankan ibu Megawati Soekarnoputri, Sekjen Partai, Hasto Kristiyanto, pengurus partai dan menjaga marwah PDIP dari segala corak intimidasi dan kriminalisasi hukum. Demikian pernyataan sikap, semoga hari ini menjadi perhatian kita bersama," ujar Rudy dan ditirukan oleh jejeran nan datang di aktivitas Haul Bung Karno ke-54 tahun tersebut. 

Rudy mengatakan peringatan alias Haul Bung Karno itu diadakan untuk menularkan semangat juang Bung Karno kepada seluruh kader PDIP. "Sesuai nan dipesankan oleh Bung Karno, warisi apinya bukan abunya. Sehingga semangat untuk menentang penindasan, penghinaan dan segala sesuatunya ini adalah sesuatu nan diajarkan oleh Bung Karno. Dengan mengerti marhaenisme dan ideologi pancasila," ucap Rudy. 

Dia sempat menyinggung ada persoalan nan dimunculkan kembali setelah lima tahun berlalu. Dia menyebut perihal itu diungkap lantaran situasi politik nan terjadi saat ini. 

“Dalam rangka memperingati Haul Bung Karno ada peristiwa-peristiwa nan cukup mengagetkan, peristiwa sudah nyaris lima tahun nan lampau tapi diungkap lagi dengan situasi politik nan seperti ini," katanya.

Iklan

Untuk itu, pihaknya berbareng kader lain PDIP Kota Solo memberikan support kepada Hasto dan stafnya nan sekarang sedang berurusan dengan KPK. Rudy menilai, pemeriksaan nan dilakukan kepada staf Hasto itu tanpa adanya surat pemanggilan, termasuk langkah memeriksa staf Hasto tersebut dengan menyamar dan berbohong. 

"Katanya ditelepon Pak Sekjen rupanya tidak dan diperiksa tanpa ada surat pemanggilan,” lanjutnya. 

Dia menyebut pemeriksaan terhadap Hasto selaku Sekjen PDIP dilakukan pada momentum pasca pemilu di tahun-tahun politik. Saat ditanya apakah itu sudah termasuk corak intimidasi, Rudy mengiyakan. 

Menyikapi persoalan itu, Rudy mengatakan siap bergerak dan digerakkan untuk menjaga dan mengamankan aset partai.

“Kami juga memberikan dukungan, apapun nan dilakukan oleh siapapun seluruh satgas maupun pengurus partai siap bergerak dan digerakkan untuk menjaga dan mengamankan aset partai nan merupakan simbol-simbol partai, ketua partai, dan utamanya Marwah partai nan kudu dijaga dan diamankan bersama," ucap dia. 

Pilihan Editor: PSI Klaim Kaesang Ikut Pertemuan Prabowo dan Petinggi Koalisi Indonesia Maju

Sumber Tempo
Tempo