Dramatis, Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Uzbekistan Gagal Penalti

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Jepang sukses menjadi juara Piala Asia U-23 2024 setelah menang dramatis atas Uzbekistan dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Sabtu (4/5) awal hari WIB.

Uzbekistan sudah menebar ancaman saat pertandingan baru melangkah delapan menit. Bomber jagoan Uzbekistan, Husain Norchaev melepaskan tembakan kaki kiri nan tetap berada di samping kiri gawang Jepang.

Empat menit berselang ancaman kembali diberikan Uzbekistan. Kali ini tembakan kaki kiri Jasurbek Jaloliddinov bisa diamankan kiper Jepang, Leo Kokubo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jepang betul-betul dibuat tidak bisa tampil leluasa di laga ini. Uzbekistan tetap terus menguasai permainan hingga pertengahan babak pertama.

Jepang baru mendapatkan kesempatan pada menit ke-28. Kein Sato melepaskan tembakan dari luar kotak penalti nan tetap berada di samping kiri gawang Uzbekistan.

Uzbekistan mendapatkan sejumlah kesempatan lain untuk mencetak gol di sisa waktu babak pertama. Namun tim didikan Timur Kapadze tetap belum bisa menggetarkan gawang Jepang hingga babak pertama usai.

Jepang membuka babak kedua dengan lebih baik. Dua kesempatan langsung dihasilkan melalui Kuryu Matsuki dan Joel Fujita nan cukup merepotkan bagi pertahanan Uzbekistan.

Tetapi situasi itu tidak berjalan lama. Uzbekistan bisa kembali mengendalikan situasi. Sejumlah kesempatan didapat sundulan Muhammadqodir Hamraliev nan berada tipis di samping kanan gawang Jepang pada menit ke-67.

Duel kedua tim lantas melangkah alot. Tidak banyak kesempatan rawan nan bisa diciptakan hingga mendekati 10 menit berakhirnya babak kedua.

Uzbekistan nan lebih banyak menciptakan kesempatan justru dikejutkan oleh Jepang pada menit pertama injury time babak kedua. Tembakan kaki kiri pemain pengganti, Fuki Yamada setelah bekerja sama dengan Ryotaro Araki bersarang ke pojok kanan gawang musuh tanpa bisa diantisipasi oleh kiper Abduvohid Nematov.

Uzbekistan tidak menyerah. Tekanan nan terus dilakukan berujung bingkisan penalti untuk Uzbekistan pada menit ke-90+7'.

Penalti diberikan oleh wasit Mooud Bonyadifard setelah bek kanan Jepang, Hiroki Sekine dianggap melakukan handball saat melakukan duel udara setelah melalui pengamatan Video Assistant Referee (VAR).

Umarali Rahmonaliyev maju sebagai eksekutor. Tetapi tembakannya ke kanan gawang bisa dibaca dengan sempurna oleh Kokubo.

Upaya Uzbekistan untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan tidak kunjung membuahkan hasil. Jepang bisa mempertahankan kelebihan untuk meraih gelar juara Piala Asia U-23 2024.

Susunan pemain

Jepang (4-2-3-1): Kokubo; Sekine, Takai, Kimura, Ohata; Yamamoto, Fujita; Fujio, Matsuki, Sato; Hosoya

Uzbekistan (4-2-3-1): Nematov; Mirsaidov, Hamraliev, Davronov, Yuldoshev; Boriyev, Holmatov; Jiyanov, Jaloliddinov, Odilov; Norchaev

Sumber cnn indo
cnn indo