DPR Agendakan Rapat Evaluasi Pemilu 2024 dengan KPU pada 15 Mei

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi II DPR menjadwalkan rapat pertimbangan Pemilu 2024 berbareng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lembaga mengenai pada 15 Mei mendatang. Rapat itu sempat tertunda lantaran proses sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi.

"Lanjutan rapat masa sidang kemarin," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, Jumat, 3 Mei 2024.

Menurut Doli, sejumlah lembaga nan diundang tetap sama seperti rapat sebelumnya, ialah KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan Kementerian Dalam Negeri.

Pada masa sidang sebelumnya, Komisi II DPR RI menggelar rapat mengenai dengan Pemilu 2024 di parlemen, Senin, 1 April lalu. Namun, rapat itu ditunda lantaran ketidakhadiran perwakilan dari KPU.

Sementara itu, personil Komisi II DPR Guspardi Gaus mengatakan pada rapat pertimbangan itu, banyak perihal nan bakal dikonfirmasi ke KPU mengenai dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. Beberapa perihal tersebut antara lain beragam dugaan masyarakat mengenai penyelenggaraan Pemilu 2024.

Iklan

Dewan juga bakal mengonfirmasi mengenai dengan rumor nan menerpa Ketua KPU Hasyim Asyari. "Fungsi pengawasannya juga bakal kami pertanyakan. Kenapa mandul? Kenapa tidak memberi sanksi?" kata Guspardi saat dihubungi terpisah.

KPU sebelumnya tidak menghadiri undangan rapat Komisi II DPR lantaran bertepatan dengan masa agenda sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang MK itu selesai pada 22 April lampau dan KPU telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024.

Pilihan Editor: Alasan Mendagri Sebut Pilkada 2024 Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Sumber Tempo
Tempo