Dihujat! 2 Pria Pamer Numpang Makan Gratis di Kondangan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Dua remaja pria ini jadi sorotan lantaran aksinya yang diunggah ke media sosial. Mereka datang ke acara pernikahan orang yang tak dikenal demi makan gratis.

Di negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia, pernikahan dirayakan meriah lewat acara resepsi. Pasangan mempelai juga akan menyediakan sejumlah makanan prasmanan untuk dinikmati para tamu.

Tamu yang datang tentu saja yang mereka kenal, termasuk teman dan kerabat, bukan tamu yang sama sekali tidak mereka ketahui. Karenanya ketika ada tamu tak diundang dalam acara pernikahan, kisahnya jadi sorotan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti yang baru-baru ini terjadi di Malaysia. Mengutip Says (30/4/2024), viral aksi dua remaja pria dalam video yang diunggah ke X. Terlihat mereka berboncengan motor.

Pria di depan yang mengenakan kaos biru bilang, "Dalam misi mencari makanan gratis." Keduanya lalu tiba di sebuah resepsi pernikahan yang tidak mereka ketahui orangnya.

Dihujat! 2 Pria Pamer Numpang Makan Gratis di KondanganDua pria di Malaysia dihujat gara-gara numpang makan gratis di kondangan. Foto: Says

"Saya tidak tahu pernikahan siapa ini," kata seorang pria sambil tertawa. Mereka pun terlihat langsung menuju area makan yang disiapkan oleh mempelai untuk para tamu.

Video ini viral hingga sudah ditonton lebih dari 178 ribu kali dan mendapat lebih dari 900 tanda suka (likes). Banyak netizen mengkritik aksi mereka yang tidak terpuji ini.

Mereka pun mengungkapkan pendapatnya di kolom komentar. "Apa poinnya bisa makan gratis jika itu haram?" tanya seorang netizen.

"Ini pentingnya mengapa kita harus belajar tentang agama. Dua pria ini harus ke pergi ke masjid dan menyimak ceramah ustaz," sahut netizen lain yang menyindir aksi mereka.

Sementara itu, seorang netizen menggarisbawahi kalau resepsi pernikahan bukanlah acara open house dimana semua orang bebas datang.

Netizen itu bilang kalau mempelai pastinya sudah menyiapkan jumlah konsumsi berdasarkan daftar undangan mereka. Ini juga terkait budget yang mereka siapkan.

Sebelum dua pria di Malaysia ini, aksi makan gratis di kondangan hingga menuai cibiran juga pernah viral. Salah satunya dialami sepasang pengantin di Malaysia.

Dikutip dari Sin Chew Daily (08/11/23) pengantin wanita, Jacqueline menyadari adanya tamu tak diundang setelah beberapa tamunya mengeluh bahwa mereka tidak dapat kursi.

Jacqueline kemudian mengecek sendiri dan mendapati ada beberapa orang asing yang menyamar sebagai tamu dan duduk di kursi kosong, lalu mengambil makanan.

Salah satunya seorang pria yang mengaku tetangga Jacqueline, tapi faktanya tidak ada yang tahu sosok pria tersebut. "Bilang aja kalau kamu gak punya uang untuk makan, aku bisa menraktirmu makan dan menyumbangkan uang untuk membantumu, datang tanpa diundang itu tak tahu malu," katanya kesal.

Tamu penyusup untuk makan gratis di kondanganTamu penyusup untuk makan gratis di kondangan. Foto: Facebook

Lalu ada aksi serupa di Indonesia yang pernah dibagikan pengguna TikTok @ilo_host. "Ada yang pernah kayak kami? Ceritanya kita lapar banget dan pengen makan di pengantin (pesta pernikahan). Kebetulan ada pengantin, tapi kita tidak saling kenal dan tidak diundang," tulis Ilo di dalam videonya (06/09/2020).

Ia mengaku nekat mampir dan numpang makan gratis. Tak hanya makan utama, tapi juga sampai mencicipi aneka hidangan penutup, mulai dari kue sampai es buah.

"Terima kasih yah kedua mempelai pengantin, samawa yah. Karena kalian kami bisa makan gratis," tulis Ilo ketika menyorot kedua mempelai yang tidak dikenalnya tersebut.

Aksinya ini viral dan menuai reaksi beragam. Ada yang menganggap itu lucu-lucuan, tapi ada pula yang bilang kalau makanan itu sejatinya haram.

"Maaf setahu saya, haram makanan di hajatan di mana kita tidak diundang dalam acara tersebut. Kalau salah tolong dibenarkan, karena selama ini saya tahunya seperti itu," komen seorang netizen.

(adr/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food