Deretan Jalan di Belanda dengan Nama Indonesia, Ada Munirpad, Kartinistraat, hingga Balistraat

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

TEMPO.CO, JakartaPenamaan tokoh, pulau, alias kota Indonesia digunakan sebagai nama jalan di Belanda. Penggunaan ini menjadi salah satu bukti penghormatan Belanda kepada Indonesia sebagai negara jajahannya. Adapun, daftar nama jalan di Belanda nan mempunyai nuansa Indonesia sebagai berikut, yaitu:

Mohammed Hatta Straat

Jasa nan besar Mohammad Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia juga dihargai oleh bangsa nan menjajahnya, Belanda. Akibatnya, nama proklamator dan Wakil Presiden Indonesia pertama ini dijadikan nama jalan di area Haarlem, Belanda. Berdasarkan bahasa lokal, nama jalan nan menggunakan nama tokoh dari Sumatra Barat ini adalah Mohammed Hatta Straat. 

R. A. Kartini Straat. Google Maps

Kartini Straat

Selain Mohammad Hatta, pejuang emansipasi wanita, Raden Ajeng (R.A.) Kartini juga dijadikan nama jalan di Belanda. Penggunaan nama Kartini di jalan Belanda menjadi Kartini Straat nan berada di salah satu jalan Amsterdam. Tak hanya memperjuangkan kewenangan wanita di Indonesia, Kartini juga menjadi tokoh termasyhur di Belanda lantaran kerap mengirimkan surat tentang pemikirannya ke surat berita di Negeri Kincir Angin ini. 

Munirpad

Aktivis kewenangan asasi manusia (HAM) di Indonesia, Munir digunakan sebagai nama jalur sepeda di Belanda. Namun Munir untuk jalur sepeda ini menjadi Munirpad nan berlokasi di Kota Den Haag, Belanda. Menurut ahli bicara Kementerian Perhubungan, Julius Adravida Barata dari Atase Perhubungan Kedutaan Besar Indonesia di Belanda, I Made Suartika, kebijakan pemberian nama ini diterbitkan Wali Kota Den Haag lantaran tingkat kejahatan di jalan semakin tinggi. Dengan diberikan nama jalan, Pemerintah Den Haag dapat lebih sigap melayani laporan masyarakat, jika terjadi tindakan kriminal. Selain itu, pemberian nama ini juga menjadi corak apresiasi terhadap Munir dari pemerintah Belanda. 

Javastraat

Iklan

Mengacu theherring.org, Javastraat berada di Indische Buurt, bagian tertua di Distrik Zeeburg, Amsterdam, Belanda. Penamaan jalan ini diambil pada 1900 dari salah satu pulau di Indonesia, ialah Jawa. Daerah dengan nama jalan ini terkenal dengan keberagaman para penduduknya. Sebab, para masyarakat berasal lebih dari 180 negara nan menjadi imigran. Javastraat juga menjadi rumah bagi beberapa seniman nan mempunyai studio seni dan musisi. Bahkan, wilayah ini telah direformasi oleh pemerintah kota sebagai rumah bagi seniman.

Balistraat

Tak hanya Pulau Jawa, nama jalan di Belanda juga menggunakan pulau lain di Indonesia, ialah Bali. Penamaan pulau ini menjadi Balistraat nan berada di area Timorpleinbuurt-Zuid, Amsterdam, Belanda. Kawasan ini mempunyai 17 kode pos dari 1094JA hingga 1094JW. Jalan ini juga mempunyai nomor rumah sekitar 1-144. 

Lombokstraat

Menyusul Jawa dan Bali, Lombok juga digunakan sebagai nama jalan di Belanda. Penamaan pulau ini menjadi Lombokstraat nan berlokasi di area Timorpleinbuurt-Noord, Amsterdam. Kawasan ini mempunyai dua kode pos, ialah 1094AK dan 1094AL. Sementara itu, jalan ini mempunyai nomor rumah sekitar 1-42, seperti tercatat dalam allecijfers.nl.

RACHEL FARAHDIBA R  | GERIN RIO PRANATA | GUSTIDHA BUDIARTIE | YUKE MAYARATIH

Pilihan Editor: Nama Jalan Mohammad Hatta dan RA Kartini di Belanda, Jalan Soekarno di Maroko

Sumber Tempo
Tempo