Daftar Sekte Sesat Kristen di Korea Selatan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 04 Mei 2024 08:10 WIB

Sekte-sekte alias kultus banyak 'menjamur' di Korea Selatan, berikut sejumlah sekte sesat Kristen di Korsel. Ilustrasi. Bendera sekte Kristen Gereja Unifikasi di Korsel. (AFP/KIM JAE-HWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah sekte sesat di Korea Selatan baru-baru ini viral dan menjadi perbincangan di media sosial.

Sekte Dahn World nan sempat dirumorkan mempunyai keterlibatan dengan sebuah agensi grup band K-Pop di Korea Selatan HYBE menuai kegaduhan publik.

Sebab, warganet kerap mengungkap keterkaitan dan sebuah kebetulan nan mencuat di media sosial dengan apa nan mereka hasilkan selama ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai perusahaan Dahn World dan HYBE menjelaskan tuduhan itu guna memperbaiki gambaran para artis nan tergabung dalam agensi tersebut.

Terlepas dari keterlibatan agensi industri K-Pop terhadap sekte sesat, apa saja daftar-daftar sekte sesat Kristen di Korsel?


Gereja Unifikasi

Gereja Unifikasi pernah menjadi sorotan bumi usai terseret kasus pembunuhan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Pelaku penembakan, Tetsuya Yamagami mengaku mempunyai dendam terhadap Gereja Unifikasi. Sebab, organisasi Kristen nan berasal dari Korsel tersebut membikin keluarganya mengalami kesulitan usai ibu dari Tetsuya mendonasikan Sebagian besar kekayaan family ke sekte sesar itu.

Pendiri dari Gereja Unifikasi merupakan penduduk original Korsel Bernama Moon Sun Myung. Ia menganggap dirinya sebagai Mesias nan kemudian ditunjuk untuk menyelesaikan misi Yesus, seperti dilansir dari Britannica.

Ajaran Gereja Unifikasi juga tidak percaya bahwa Yesus tidak mungkin Tuhan itu sendiri, melainkan sebagai 'Tuhan Kedua.'

Five Ocean (Odaeyang)

Ajaran sesat nan mengatasnamakan Kristen sebagai dalih aliran mereka adalah Odaeyang.

Sekte aliran sesat nan sering disebut sebagai Five Ocean itu sempat menghebohkan bumi usai 33 orang ditemukan tewas pada 1987.

Lee Ki Jung dan Park Son Ja merupakan pasangan suami istri pendiri pabrik Odeayang Trading Co. Berdasar sebagai organisasi keagamaan, Park menyatakan diri sebagai Tuhan dan mengaku bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Bahkan, sekte sesat tersebut juga menyampaikan bahwa bumi bakal segera berhujung dan mengarahkan pengikutnya untuk berdonasi ke organisasi itu dengan kedok bersedekah.

Baby Garden

Sekte Kristen sesat di Korsel ini menjadi sorotan usai Netflix menayangkan serial dokumenter berjudul Name of God: The Holy Betrayal pada tahun lalu.

Kim Ki Soon merupakan dalang dibalik sekte Kristen Baby Garden nan berdiri di Korsel pada 1982. Sekte ini diduga terlibat dalam pelecehan seksual.

Bahkan, dalam aturannya disebut tak mengizinkan pasangan laki-laki dan wanita untuk tidur dalam satu ruang. Hal itu bermaksud untuk menjaga kehidupan nan lebih suci, seperti ditulis The Cinema Holic.

Parahnya, sekte tersebut kerap memukul anggotanya nan dianggap berkhianat hingga tewas.

Bersambung ke laman berikutnya...


Sumber cnn indo
cnn indo