Daftar Nama Bakal Calon Kepala Daerah yang Diusung Partai Demokrat di Pilkada 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengumumkan nama-nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur nan bakal mereka usung di pemilihan kepala wilayah alias Pilkada 2024.

Dukungan diberikan langsung oleh AHY kepada pasangan calon (paslon) di instansi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat di Jakarta Pusat, Selasa malam, 11 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu, AHY memberikan surat rekomendasi kepada Murad Ismail dan eks personil DPR RI Michael Wattimena untuk maju di pemilihan gubernur alias Pilgub Maluku 2024.

“Kami family besar Partai Demokrat dengan suka cita menyambut pasangan nan juga merupakan salah satu kader terbaik partai demokrat, juga mendukung Bung Michael Wattimena, disingkat BMW,” kata AHY saat memberikan surat rekomendasi.

AHY mengatakan bahwa Murad Ismail merupakan sosok putra original Maluku nan mempunyai semangat, cita-cita, mimpi, serta visi dan misi untuk memajukan provinsi tersebut.

"Kita mengapresiasi lantaran di bawah kepemimpinan Bapak Murad Ismail selama lima tahun ini, Provinsi Maluku meningkat ekonominya, berkurang kemiskinannya, dan tentunya kita berambisi semakin sejahtera secara berkeadilan," katanya.

Menurut AHY, pasangan Murad dan Michael merupakan paslon nan mempunyai pengalaman dalam pemerintahan. Ia mengatakan, Murad selama menjadi gubernur Maluku telah sukses membangun provinsi tersebut dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sedangkan, Michael merupakan personil DPR RI 2009-2019 fraksi Demokrat mewakili Papua Barat. Ia menjadi wakil ketua Komisi V.

AHY mengatakan, Murad Ismail mengusulkan proposal kepada Partai Demokrat untuk meminta Michael menjadi calon wakilnya di Pilgub Maluku. Ia menceritakan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, menerima proposal Murad dan sepakat memenangkan Murad-Michael.

“Kami tentu menangkap dengan rasa terhormat dan juga dengan penuh tekad berjuang dan memenangkan pasangan 2M ini, Murad dan Michael,” kata AHY.

Iklan

Selain itu, rekomendasi juga diberikan kepada mantan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan mantan Bupati Lahat Cik Ujang untuk diusung maju di Pilkada Provinsi Sumsel.

AHY menjelaskan, Herman Deru tercatat telah mempunyai sepak terjang di Sumsel dan pernah menjabat Gubernur Sumsel periode 2018-2023, serta Bupati Ogan Komering Ulu Timur selama dua periode, ialah 2005–2010 dan 2010-2015.

Menurut ia, Herman Deru mempunyai prestasi nan positif selama menjadi gubernur, mulai dari pemerataan pembangunan prasarana Sumsel sebagai penyangga pangan, pengentasan stunting, hingga di bagian agama.

"Artinya, pengalaman beliau tidak lagi diragukan dan tentunya masyarakat Sumsel juga percaya kebanyakan tetap mencintai beliau, tetap merindukan kepemimpinan gubernur untuk periode berikutnya," tambah AHY.

Sementara itu, AHY menyebut Cik Ujang mempunyai pengalaman politik sebagai kader Partai Demokrat dan telah menunjukkan kiprah di bumi politik.

"Saya tahu beliau ini merangkak dari bawah, dari tingkat nan paling rendah PAC (pengurus anak cabang), kemudian DPC (dewan ketua cabang), dan saat ini sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (Provinsi Sumsel). Jadi, tidak diragukan lagi kiprahnya di bumi politik," ujar AHY.

HENDRIK KHOIRUL MUHID | ANTARA

Pilihan Editor: AHY Ungkap Alasan Demokrat Belum Umumkan Nama nan Diusung di Pilkada DKI, Jabar, dan Jateng

Sumber Tempo
Tempo