Daftar Lengkap Juara Piala Asia U-23 setelah Jepang Jadi Kampiun Edisi 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Timnas Jepang U-23 memastikan diri menjadi tim nan paling sering menjuarai Piala Asia U-23 setelah menjuarai jenis 2024. Mereka mengalahkan Uzbekistan 1-0 dalam pertandingan final di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Jumat, 2 Mei 2024. Kemenangan mereka dipastikan oleh gol dari Fuki Yamada pada waktu tambahan babak kedua.

Ini merupakan gelar kedua Jepang pada arena Piala Asia U-23. Sebelumnya bisa menjuarai arena tersebut pada tahun 2016 dengan mengalahkan Korea Selatan di partai final.

Kini Jepang menjadi tim nan paling sering juara di arena golongan umur ini. Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Irak sama-sama baru meraih satu gelar juara.

Piala Asia U-23 memang baru digelar enam kali sejak 2013. Dari Asia Tenggara sejauh ini Vietnam menjadi tim dengan pencapaian terbaik, ialah sekali menjadi runner-up pada 2018.

Pada jenis 2024, Timnas Indonesia U-23 menjadi debutan. Tim didikan Shin Tae-yong ini kalah di semifinal, oleh Uzbekistan. Mereka juga kalah dari Irak dalam perebutan posisi ketiga.

Hasil ini membikin Garuda Muda kandas meraih tiket ke Olimpiade 2024. Namun, kesempatan untuk merebut tiket itu tetap terbuka, lewat playoff melawan wakil Afrika, Guinea. Laga playoff bakal berjalan di Paris, Prancis, pada 9 Mei.

Iklan

Dari Piala Asia U-23 2024, tim nan sukses meraih tiket Olimpiade adalah Jepang, Uzbekistan, dan Irak.

Tim Paling Sering Juara di Piala Asia U-23:

Juara 2 kali: 
Jepang.

Juara 1 kali:
Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Irak.

Pilihan Editor: Presiden Jokowi: Pencapaian Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 Layak Diapresiasi 

Sumber Tempo
Tempo