Chip KTP Tidak Terbaca Sistem: Penyebab dan Cara Memperbaiki

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Di Indonesia, Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) telah dilengkapi dengan chip. Di dalam chip KTP termuat data-data terkait kependudukan dari pemilik KTP tersebut. Data ini digunakan untuk mengurus kepentingan kependudukan lainnya.

Namun, ada kalanya kondisi tak diinginkan seperti terjadinya spot KTP yang tidak bisa terdeteksi atau terbaca oleh mesin. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor penyebab chip KTP tidak terbaca dan bagaimana cara memperbaikinya?

Faktor Penyebab Chip KTP Tidak Terbaca

Mengutip informasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), ada beberapa faktor penyebab chip KTP tidak terdeteksi atau terbaca oleh mesin saat akses layanan publik. Seperti spot rusak, antena putus, paper scholar yang rusak, sidik jari penduduk bermasalah, atau information palsu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apabila penduduk mendapati kondisi spot KTP yang tidak terbaca atau terdeteksi oleh mesin, maka Disdukcapil mengimbau kepada penduduk untuk segera membuat laporan. Penduduk diminta untuk memperbaikinya ke kantor Disdukcapil setempat.

Cara Memperbaiki Chip KTP Tidak Terbaca

Cara memperbaiki atau mengatasi masalah spot KTP yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sistem, maka penduduk dapat mengurusnya dengan cara mendatangi langsung kantor Dinas Dukcapil setempat. Penduduk dapat membuat laporan terkait spot KTP.

Untuk itu, penduduk juga perlu menyertakan dokumen atau berkas persyaratan yang dibutuhkan. Di kantor Disdukcapil, penduduk akan diminta untuk menempelkan fisik KTP pada mesin paper reader. Hal ini untuk memastikan position spot KTP sudah aktif atau belum.

Mengutip informasi dari Disdukcapil, untuk mengurus masalah spot KTP yang tidak terdeteksi atau terbaca dapat dengan menyertakan fisik KTP-el asli dan Kartu Keluarga (KK). Hal ini merupakan dokumen pendukung sebagai bukti validasi atau memastikan information penduduk.

(wia/imk)

Sumber Detik News
Detik News