CEO Nokia Klaim Sukses Lakukan Panggilan Telepon Imersif Pertama di Dunia, Apa Itu?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - CEO Nokia Pekka Lundmark mengeklaim telah sukses melakukan panggilan telepon menggunakan teknologi baru nan disebut "audio dan video imersif". Panggilan tersebut dilakukan berbareng Stefan Lindström, Duta Digitalisasi dan Teknologi Baru Finlandia. Ini disebut meningkatkan kualitas panggilan dengan bunyi tiga dimensi sehingga membikin hubungan lebih hidup.

“Kami telah menunjukkan masa depan panggilan suara,” kata Lundmark dikutip dari Reuters.

Panggilan telepon pada ponsel masa sekarang umumnya berkarakter monofonik nan memampatkan komponen audio menjadi satu dan terdengar lebih datar dan kurang detail. Teknologi baru nan disinggung Lundmark bakal menghadirkan audio 3D nan membikin penelepon seolah-olah berada satu tempat dengan musuh bicaranya.

“Ini merupakan lompatan maju terbesar dalam pengalaman panggilan bunyi langsung sejak diperkenalkannya audio telepon monofonik nan digunakan pada smartphone dan PC saat ini,” kata Presiden Nokia Technologies Jenni Lukander.

“Hal ini sekarang menjadi standar, sehingga penyedia jaringan, produsen chipset, produsen ponsel dapat mulai menerapkannya dalam produk mereka,” katanya.

Nokia melakukan panggilan tersebut menggunakan ponsel biasa melalui jaringan 5G publik. Selain panggilan imersif antar individu, ini juga dapat digunakan dalam panggilan konvensi di mana bunyi peserta dapat dipisahkan berasas letak spasial mereka, demikian jelas Jyri Huopaniemi, kepala penelitian audio di Nokia Technologies.

Iklan

Sebagian besar ponsel saat ini mempunyai setidaknya dua mikrofon nan dengannya teknologi ini dapat diimplementasikan dengan mentransmisikan karakter spasial panggilan secara real-time, kata para eksekutif.

Teknologi ini merupakan bagian dari standar 5G Advanced nan bakal datang dan Nokia bermaksud untuk mendapatkan kesempatan lisensi dengan teknologi tersebut nan mungkin memerlukan waktu beberapa tahun untuk tersedia secara luas.

HATTA MUARABAGJA I REUTERS

Pilihan Editor: Gambar Render Pertama HMD Skyline Muncul Desainnya Terinspirasi Nokia Lumia 920

Sumber Tempo
Tempo