Cara Cek Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024 di Laman SNPMB

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal segera mengumumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi nasional berasas tes (SNBT) 2024 pada Kamis, 13 Juni 2024. SNBT merupakan jalur bagi calon mahasiswa nan bakal masuk perguruan tinggi melalui tes. 

“Pengumuman hasil seleksi jalur SNBT pada 13 Juni 2024, pukul 15.00 WIB,” dikutip dari laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Selasa, 11 Juni 2024.

Kemendikbudristek bakal mengumumkan hasil tes secara online melalui link: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Klik menu “UTBK SNBT”, lampau pilih “Pengumuman SNBT”. Laman ini juga bisa digunakan untuk mengunduh sertifiikat.

Peserta nan lolos maupun tidak dapat mengunduh sertifikat untuk memandang nilai mereka. Bagi peserta nan lolos, sertifikat berfaedah sebagai berkas wajib nan kudu dikumpulkan saat mendaftar ulang di perguruan tinggi. Sedangkan, bagi nan tidak lolos digunakan untuk mendaftar seleksi jalur mandiri. 

Iklan

Untuk mengunduh sertifikat, peserta dapat mengetikkan 12 digit nomor peserta dan tanggal lahir di kolom nan tersedia. Lalu, beri centang pernyataan nan menyebut bersedia dibatalkan status penerimaannya jika di kemudiakan hari ditemukan kecurangan dalam UTBK. Kemudian klik “Lihat Hasil”.

Masa pengunduhan dimulai dari tanggal 17 Juni-31 Juli 2024. Selain langkah di atas, peserta dapat mengakses link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Lalu pilih menu “Masuk” di pojok kanan atas. Masukkan alamat email dan kata sandi nan sudah terdaftar dan klik Sign In. Setelah masuk, klik “Unduh Sertifikasi Hasil” dan simpan file PDF di perangkat. 

Pilihan Editor: Lusa Pengumuman UTBK SNBT 2024, Ini 40 Link Cek Lulus alias Tidaknya

Sumber Tempo
Tempo