Bos Garuda Akui Pelemahan Rupiah Berdampak ke Bisnis Penerbangan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 22 Jun 2024 05:55 WIB

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra curhat soal pelemahan nilai tukar rupiah ke level Rp16 ribu belakangan ini telah berakibat ke upaya maskapainya. Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra curhat soal pelemahan nilai tukar rupiah ke level Rp16 ribu belakangan ini telah berakibat ke upaya maskapainya. (CNN Indonesia/Maulida Balqis).

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra curhat soal pelemahan nilai tukar rupiah ke level Rp16 ribu belakangan ini.

Ia mengatakan pelemahan itu telah berakibat pada bisnis.

"(Pelemahan rupiah) pasti ada impact (ke bisnis). Tapi ya kan ini kebenaran nan kita kudu hadapi. Kita nggak perlu komplain kan," ujarnya di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (21/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Irfan mengatakan pelemahan rupiah kudu tetap dihadapi dengan langkah bekerja lebih keras.

"Mungkin ada selip sana-sini, tapi itu bagian dari bisnis," katanya.

Nilai tukar rupiah ditutup di level Rp16.450 per dolar AS pada Jumat sore ini. Mata duit Garuda melemah 20 poin alias minus 0,12 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Senada, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp16.458 per dolar AS pada perdagangan sore ini.

Pengamat komoditas dan mata duit Lukman Leong mengatakan rupiah ditutup melemah terhadap dolar AS di tengah ekspektasi bahwa Bank Indonesia (BI) sudah tak bakal kembali meningkatkan suku bunga.

"Dolar AS sendiri terpantau tetap melanjutkan penguatan pasca pernyataan hawkish dari pejabat The Fed Minneapolis Kashkari," ujar dia kepada CNNIndonesia.com.

Lukman pun menyebut bahwa nilai tukar rupiah sudah mencapai posisi terlemah sejak April 2020, saat Indonesia baru saja dihantam pandemi covid. Berdasarkan info Google Finance, nilai tukar rupiah menyentuh level Rp16.376 per dolar AS pada 4 April 2020.

"Kira-kira (pelemahan rupiah terendah) dalam 4 tahun lebih saat covid-19," tutur Lukman.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/agt)

Sumber cnn indo
cnn indo