Bisakah Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

ANALISIS

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 07:45 WIB

Timnas Indonesia sukses lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Lantas, bisakah Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026? Rafael Struick dan kawan-kawan saat rayakan gol Rizky Ridho ke gawang Filipina di GBK, Selasa (11/6) malam. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bermimpi Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2026 tidak ada salahnya. Apalagi Timnas Indonesia sudah lolos ke fase ketiga kualifikasi. Namun, kudu realistis juga.

'Tidak ada nan tidak mungkin.' Benar. Frasa ini juga bertindak untuk Timnas Indonesia, tetapi memandang kapabilitas tim Garuda juga sama pentingnya, agar ekspektasi tidak cedera.

Penampilan skuad Garuda di fase Kualifikasi Piala Dunia 2026 sejatinya menanjak. Awalnya Indonesia dibantai Irak 1-5 di Basra dan seri 1-1 dengan Filipina di Manila.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada saat nan sama Vietnam hanya kalah 0-1 dari Irak dan menang 2-0 atas Filipina. Sekilas, Vietnam nan bakal lolos ke fase selanjutnya berbareng Irak, mewakili Grup F.

Situasi berbalik saat Indonesia dua kali berhadapan dengan Vietnam. Setelah menang 1-0 di Jakarta, Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan menang dengan skor meyakinkan 3-0 di Hanoi.

Akhirnya Indonesia berkuasa meraih tiket ke Piala Asia 2027 dan melaju ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah kalah 0-2 dari Irak dan menang 2-0 atas Filipina di Jakarta.

Pada fase ketiga, Indonesia bakal bersaing dengan 17 tim terbaik Asia lainnya. Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, Australia, hingga Uzbekistan bakal menghadang.

Dari 18 tim nan lolos kualifikasi fase kedua, bakal dibagi ke dalam tiga grup. Satu grup berisi enam tim. Nantinya masing-masing tim bakal berkompetensi 10 kali, kandang dan tandang.

Dari setiap grup tersebut, hanya juara dan runner up nan lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Artinya hanya enam tim nan bakal lolos langsung ke putaran final.

Adapun dua jatah Asia lainnya, bakal diperebutkan tim ranking ketiga dan keempat dari tiga grup itu. Keenam tim ini lantas bakal menjalani kualifikasi fase keempat.

Nantinya juara dan runner up grup fase keempat ini bakal dapat tiket ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim ranking ketiga bakal menjalani laga play-off interkontinental.

Bisakah Timnas Indonesia melewati fase ketiga kualifikasi sebagai juara dan runner up alias minimal masuk empat besar grup? Tentu, tak ada nan tidak mungkin.

Harapan, jelas tak boleh dikebiri sejak dini. Jika Timnas Indonesia terus berkembang, tidak ada nan mustahil. Kalaupun gagal, rasanya tak layak juga bicara kandas selagi belum dicoba.

Bersambung ke laman berikutnya...


Sumber cnn indo
cnn indo