Bima Arya Bakal Deklarasi Maju di Pilgub Jabar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 04 Mei 2024 07:39 WIB

Eks Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bakal melakukan deklarasi untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat di Bandung, Sabtu (4/5). Eks Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bakal melakukan deklarasi untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat di Bandung, Sabtu (4/5). (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Eks Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bakal melakukan deklarasi untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat di Bandung, Sabtu (4/5).

Deklarasi Bima Arya rencananya digelar di depan Gedung Sate, Bandung, pada pukul 07.30 WIB.

"Iya betul [deklarasi maju bakal cagub Jabar]. Ya [di Bandung]," kata Bima kepada CNNIndonesia.com, Jumat (3/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Bima mengatakan bakal ada sedikit penyesuaian tempat.

"Nanti di-update lagi ya," kata Bima.

Bima merupakan Ketua DPP PAN sekaligus mantan Wali Kota Bogor dua periode nan baru saja mengakhiri masa jabatannya pada 20 April lalu.

Bima sempat terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia tahun 2021-2024 ketika menjabat Wali Kota Bogor.

Dalam Pemilu 2024 lalu, bunyi PAN di tingkat DPRD Provinsi Jawa Barat berada di posisi ketujuh dengan 1.632.627 suara. Untuk mengusung Bima, PAN perlu melakukan koalisi dengan partai lainnya lantaran syarat pencalonan untuk Pilgub Jabar 2024 belum tercukupi.

Undang-Undang (UU) tentang Pilkada mengatur bahwa partai politik (parpol) alias campuran parpol kudu mempunyai minimal 20 persen dari jumlah bangku DPRD alias 25 persen akumulasi perolehan bunyi sah dalam pemilu DPRD untuk bisa mengusung kandidat di Pilkada.

Selain Bima Arya, sejumlah nama juga muncul dalam bursa kandidat cagub Jawa Barat. Nama-nama itu antara lain politikus Golkar sekaligus petahana Ridwan Kamil, Mantan Ketua Umum PSSI dari Gerindra Mochamad Iriawan namalain Iwan Bule, politikus Golkar Dedi Mulyadi, hingga Bupati Karawang dari Partai Demokrat Cellica Nurrachdiana.

(blq/asr)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo