Bila Justin Hubner Benar-benar Absen, Timnas U-23 Indonesia Dinilai Akan Kesulitan saat Hadapi Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat sepak bola Indonesia Justinus Lhaksana alias berkawan disapa coach Justin menilai kesempatan Timnas U-23 Indonesia untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris bakal semakin berat andaikan Justin Hubner tidakhadir pada laga playoff antar-konfederasi melawan Guinea U-23 pada 9 Mei mendatang di Paris.

Hubner dikabarkan tak dapat memihak Garuda Muda lantaran kembali ke klubnya Cerezo Osaka.Namun, asisten pembimbing timnas U-23 Nova Arianto mengatakan bahwa pihaknya tetap melakukan negosiasi dengan klub Hubner.

“Kita lagi lakukan komunikasi dengan klubnya,” kata Nova.

Apabila betul nantinya Hubner tidakhadir memihak Indonesia saat melawan Guinea, coach Justin menilai kesempatan Garuda Muda untuk mengamankan satu tiket terakhir menuju Olimpiade bakal semakin berat.

Terlebih, Indonesia pada laga kelak juga tetap tak dapat memainkan kapten tim Rizky Ridho nan terkena kartu merah saat melawan Uzbekistan di semifinal.

“Jadi tambah berat. Dia itu pemain terbaik dalam beberapa laga terakhir, selain musuh Uzbekistan,” kata coach Justin kepada Antara, Jumat.

“Kemarin (lawan Irak) dia bikin kesalahan besar sampai terjadi gol, tapi selama 90 menit dia main luar biasa,” kata dia.

Disinggung siapa pemain nan bakal menggantikan posisi Hubner, coach Justin mengatakan pemain nan dapat menggantikan posisi bek 20 tahun itu tidaklah banyak.

Ia menambahkan jika Nathan Tjoe-A-On nan dipilih menggantikan Hubner di lini belakang, maka pemain SC Heerenveen itu adalah pilihan nan tepat.

Namun, pekerjaan rumah menanti pembimbing Shin Tae-yong lantaran andaikan Nathan digeser ke posisi bek, maka kestabilan link tengah dan daya gedor Indonesia tidak bakal maksimal.

Iklan

“Paling Komang alias Ferarri, ya siapa lagi, alias Nathan digeser ke bawah,” katanya.

“Nathan geser ke bawah tengahnya pincang kayak kemarin (lawan Irak). Nathan main di bek kiri serangannya mandul. Nathan digeser ke depan baru Witan lebih hidup,” kata dia.

Ketika diminta untuk memilih pemain baru, laki-laki kelahiran Surabaya 28 Juli 1967 silam itu memilih Elkan Baggot nan saat ini masa pinjamannya dengan Bristol Rovers telah usai.

Lebih lanjut, dia mengatakan melawan Guinea pada 9 Mei mendatang bukanlah laga nan mudah.

Ia menggaris bawahi dalam perihal ini aspek mental setelah dua kekalahan dari Uzbekistan dan Irak bakal sangat mempengaruhi performa Garuda Muda melawan Guinea.

“Gak gampang. Gue gak lihat perbedaan fisiknya, tapi mentalnya bisa gak lantaran dua kali sudah kena pukulan mental. Bisa gak kita bounce back, itu nan kudu dipikirkan,” ujarnya.

Namun, andaikan mimpi kembali bermain di Olimpiade seperti 68 tahun nan lampau di Melbourne, Australia tetap belum terlaksana, dia tetap meletakkan pujian setinggi langit pada penampilan Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

“Itu luar biasa lantaran di luar ekspektasi kita bisa masuk empat besar. Kalau gak lolos ya emang kualitas kita tetap segitu. Emang tetap proses. Jadi gak masalah sama sekali,” kata Coach Justin.

Pilihan Editor: Marselino Ferdinan Dihujat Netizen Usai Timnas Indonesia U-23 Kalah Lawan Irak di Piala Asia U-23 2024

Sumber Tempo
Tempo