Berencana Liburan ke Eropa, Cek 10 Negara yang Paling Mudah Keluarkan Visa Schengen

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Liburan ke Eropa menjadi angan banyak orang di musim panas. Jalan setapak nan berbatu, bangunan-bangunan bersejarah, dan kuliner nan menggoda menjadi daya tarik benua ini. Namun, prosedur visa nan rumit terkadang membikin liburan angan itu suit diwujudkan.

Rencana liburan ke Eropa mesti dimulai dari jauh-jauh hari. Sebab, formalitas mendapatkan visa terkadang butuh waktu lama. Namun untuk tahun ini, pelancong tetap punya waktu menikmati musim panas di Eropa hingga Agustus-September, sebelum Oktober memasuki musim gugur.

Lalu, negara mana nan sebaiknya jadi tujuan pengajuan visa? Survei terbaru tentang Statistik Visa Schengen untuk 2023 oleh SchengenNews mengumpulkan 10 negara Eropa nan condong menolak visa lebih sedikit. Bagi pelancong, ini merupakan pilihan termudah untuk mendapatkan visa Schengen pada 2024.

Negara nan Jarang Menolak Permohonan Visa Schengen

Berikut daftar negara-negara nan diketahui menolak permohonan visa lebih sedikit, dan tingkat penolakannya. 

1. Islandia 2,2 persen

2. Swiss 10,7 persen

3. Latvia 11,7 persen

4. Italia 12 persen

5. Luksemburg 12,7 persen

6. Lituania 12,8 persen

7. Slowakia 12,9 persen

Iklan

8. Jerman 14,3 persen

9. Austria 14,3 persen

10. Yunani 14,7 persen

Besart Bajrami, pendiri SchengenNews, menyarankan mengusulkan permohonan visa di pusat visa salah satu dari sepuluh negara tersebut.

"Anda dapat mengunjungi negara lain dengan visa Schengen nan sama, pastikan saja negara nan mengeluarkan visa tersebut bakal menjadi tujuan utama Anda,” kata dia. 

Negara Paling Sering Tolak Permohonan Visa Schengen

Survei ini juga menyoroti negara-negara dengan tingkat penolakan tinggi nan sebaiknya dihindari. Misalnya, konsulat Visa Schengen Malta mempunyai reputasi menolak visa nan lebih besar. Pada 2023, tingkat penolakan mereka mencapai nomor 37,6 persen.

Negara kedua nan kemungkinan besar ditolak visanya adalah Estonia dengan tingkat penolakan sebesar 33,1 persen pada 2023, diikuti oleh Belgia dengan tingkat penolakan sebesar 26,5 persen, Swedia 23,1 persen, dan Kroasia 20 persen. Pada tahun 2023, rata-rata tingkat penolakan visa Schengen di antara 29 negara personil mencapai 54,2 persen.

TRAVEL + LEISURE | SCHENGEN NEWS

Pilihan Editor: Biaya Visa Schengen untuk Liburan ke Eropa bakal Naik Mulai 11 Juni

Sumber Tempo
Tempo