Belanda vs Prancis Antiklimaks, 'Skor Kacamata' Pertama di Euro 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 22 Jun 2024 05:19 WIB

Tidak ada pertandingan tanpa gol di Euro 2024 sampai laga Belanda vs Prancis berakhir. Belanda dan Prancis kandas mencetak gol. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak ada pertandingan tanpa gol di Euro 2024 sampai laga Belanda vs Prancis berakhir. Skor kacamata menjadi hasil akhir untuk kali pertama di pesta sepak bola Eropa terjadi dalam laga berjudul duel akbar.

Pertandingan Belanda vs Prancis digadang-gadang sebagai laga besar. Kedua negara mempunyai tradisi cukup terpandang dalam sepak bola Eropa apalagi dunia. Rekam jejak pertemuan kedua kesebelasan dalam kurun 10 tahun terakhir juga selalu menghasilkan pemenang.

Hanya saja kali ini kedua kesebelasan berbagi nomor dan tidak menghasilkan gol. Laga berhujung dengan kedudukan 0-0 alias nan kerap disebut skor kacamata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gelandang Belanda Xavi Simons mencetak gol pada menit ke-69, namun tidak disahkan wasit Anthony Taylor. Pasalnya Denzel Dumfries ada dalam posisi offside. Meski tidak aktif bergerak mengejar bola, pemain sayap Oranje itu tetap dianggap terlibat dalam permainan lantaran mengganggu Mike Maignan.

Kedua kesebelasan juga tercatat mengoleksi banyak peluang. Belanda melepaskan delapan percobaan mencetak gol, sementara Prancis dua kali lipat lebih banyak. Penyelesaian akhir nan kurang apik dari kedua kubu membikin kans terbuang.

Dalam 21 pertandingan Euro 2024 sebelumnya, selalu tercipta minimal satu gol. Tercatat ada empat pertandingan nan berhujung dengan satu gol saja alias menghadirkan kemenangan tipis.

Bahkan jika ditarik lebih jauh, maka ini merupakan skor 0-0 pertama dalam 50 laga Euro. Skor seri tanpa gol terakhir di Piala Eropa terjadi dalam laga Inggris vs Skotlandia dalam fase grup Euro 2020.

Pertandingan dengan jumlah gol terbanyak di Euro 2024 terjadi pada laga pembuka antara Jerman dan Skotlandia nan berakhir 5-1 untuk tuan rumah.

Dari 22 pertandingan nan sudah dilangsungkan terdapat 54 gol tercipta sehingga rata-rata gol per pertandingan di Euro 2024 sejauh ini adalah 2,45.

Sementara kesebelasan paling subur adalah Jerman dengan tujuh gol disusul Spanyol dan Swiss nan sama-sama membikin empat gol. Produktivitas Jerman dan Swiss membikin Grup A menjadi nan paling ramai gol. Total sudah ada 14 gol diciptakan dari empat pertandingan Grup A.

Sedangkan satu-satunya tim nan tetap belum bisa menyarangkan gol adalah Belgia. Rode Duivels baru main sekali dan menelan kekalahan 0-1 dari Slovakia.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jun)

Sumber cnn indo
cnn indo