Banjir Bandang di Brasil Tewaskan 39 Orang, 65 Lainnya Hilang

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 04 Mei 2024 13:15 WIB

Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva menyatakan musibah alam ini salah satu banjir terbesar nan pernah menimpa negaranya. Bencana banjir di Kota Encantado, Rio Grande do Sul, Brasil. (AFP/Gustavo Ghisleni)

Jakarta, CNN Indonesia --

Banjir bandang di Brasil sejauh ini dilaporkan menewaskan 39 orang, sedangkan 68 orang lainnya tetap dinyatakan lenyap pada Sabtu (4/5).

Bencana ini terjadi di Brasil bagian selatan, tepatnya di negara bagian Rio Grande do Sul. Badan Pertahanan Sipil Brasil menyebut banjir disebabkan oleh hujan lebat berhari-hari.

"Sebagai manusia, hati saya hancur," kata Gubernur Eduardo Leite, dikutip dari AP, Sabtu (4/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tetapi saya sebagai gubernur di sini (Rio Grande do Sul) teguh dan saya jamin kita tidak bakal goyah. Kami melakukan segalanya dengan fokus, perhatian, dan disiplin," sambungnya soal penanganan banjir.

Kepala Ahli Meteorologi di Pusat Pemantauan dan Peringatan Bencana Alam Nasional Marcelo Seluchi menyebut hujan deras di wilayah ini terjadi sejak Senin (29/4). Bahkan, hujan diramal belum bakal reda hingga akhir pekan ini.

Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva mengamini adanya korban dalam banjir bandang di negaranya itu. Bahkan, Lula menyatakan musibah alam ini merupakan salah satu banjir terbesar nan pernah menimpa Brasil.

"Belum pernah sebelumnya dalam sejarah Brasil terjadi hujan sebanyak itu di satu lokasi," ungkap Lula.

Ini tercatat sebagai musibah lingkungan keempat dalam setahun terakhir. Banjir bandang ini terjadi setelah banjir pada Juli, September, dan November 2023, nan menewaskan total 75 orang.

Badan Geologi Brasil mencatat banjir di negara bagian Rio Grande do Sul melampaui banjir fenomenal nan pernah terjadi pada 1941 lalu. Ketinggian air di beberapa wilayah apalagi berada pada titik tertinggi sejak pencatatan dimulai nyaris 150 tahun silam.

Listrik, saluran komunikasi, dan pasokan air di seluruh negara bagian ini kudu dihentikan. Setidaknya lebih dari 24 ribu orang mengungsi.

Salah satu aspek hujan lebat adalah El Nino. Fenomena suasana ini membikin kekeringan di wilayah utara Brasil, tetapi intensitas hujan di bagian selatan meningkat.

(skt/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo