AS-Saudi Bakal Sepakati Kerja Sama, Bawa-bawa Israel

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 04 Mei 2024 07:25 WIB

Kerja sama keamanan dengan Arab Saudi disebut jadi upaya AS dalam membuka kembali pembicaraan normalisasi antara Saudi dan Israel. Ilustrasi. Kerja sama keamanan dengan Arab Saudi disebut jadi upaya AS dalam membuka kembali pembicaraan normalisasi antara Saudi dan Israel. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi bakal segera menyepakati kerja sama keamanan.

Kerja sama itu disebut-sebut menjadi salah satu upaya AS membuka kembali pembicaraan normalisasi antara Saudi dan Israel.

Dilansir dari Reuters, tujuh sumber nan mengetahui perihal tersebut mengatakan, AS dan Saudi sedang merampungkan kesepakatan mengenai agunan keamanan dan pengembangan nuklir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AS menawarkan agunan keamanan kepada Saudi sebagai hadiah andaikan Riyadh berkenan rujuk dengan Israel.

Pembicaraan mengenai normalisasi Saudi-Israel nan dimediasi AS sebelumnya dikabarkan nyaris terwujud. Namun, pembicaraan itu mandek gara-gara agresi Israel ke Jalur Gaza, Palestina.

Lima sumber mengatakan, negosiator AS dan Saudi saat ini memprioritaskan perjanjian keamanan bilateral nan bakal menjadi bagian dari 'paket' untuk disampaikan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Kami sudah sangat dekat dengan kesepakatan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller, Kamis (2/5). Ia memprediksi kesepakatan ini bakal dicapai 'dalam waktu nan sangat singkat'.

Menurut diplomat asing di Teluk, kesepakatan ini kemungkinan menjadi langkah AS untuk mencegah pengaruh China meluas di Saudi.

Perjanjian keamanan ini juga disebut sebagai salah satu langkah AS memberi jalan bagi Netanyahu untuk berasosiasi kembali dengan Saudi, nan bakal memengaruhi nasib bentrok Israel-Gaza.

Saudi selama ini menegaskan tak bakal melanjutkan pembicaraan mengenai normalisasi jika gencatan senjata Israel-Hamas tak terwujud. Saudi juga menekankan hanya bakal normalisasi andaikan pembentukan negara Palestina berjalan.

Dua perihal ini sangat ditentang oleh Netanyahu. AS pun berambisi Netanyahu tak bakal menyia-nyiakan kesempatan besar ini.

(blq/asr)

Sumber cnn indo
cnn indo