Apa Itu Varian Baru Covid-19 FLiRT yang Bikin AS Ketar-ketir?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 04 Mei 2024 08:25 WIB

'Keluarga' baru virus penyebab Covid-19 datang menggemparkan Amerika Serikat, dijuluki FliRT. Apa itu FliRT? Ilustrasi. 'Keluarga' baru virus penyebab Covid-19 datang menggemparkan Amerika Serikat, dijuluki FliRT. (iStock/Reptile8488)

Jakarta, CNN Indonesia --

'Keluarga' baru virus penyebab Covid-19 datang menggemparkan Amerika Serikat, dijuluki FliRT. Apa itu FliRT?

Dikenal dengan nama FliRT, jenis baru Covid-19 ini berevolusi dari jenis Omicron dan menyebar luas di seluruh Amerika Serikat.

Menurut Times Now News, FliRT merupakan nama teknis dari mutasi virus, nan salah satunya adalah huruf F dan L, juga lainnya mengandung huruf R dan T. Varian ini berasal dari JN.1 nan jadi biang kerok melonjaknya kasus Covid-19 di AS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu 'anggota keluarga' FLiRT adalah KP.2. Varian ini menyumbang sekitar 25 persen kasus Covid selama dua pekan terakhir April lalu.

Pada ragam jenis lain, misalnya KP.1.1. belum tersebar ke seluruh AS.

Meski begitu, WebMD mengatakan, FliRT mempunyai beberapa kandungan nan mengkhawatirkan.

Kandungan ini berpotensi membikin perubahan pada protein nan berkedudukan krusial dalam membantu SARS-CoV-2 bertahan, menjajah tubuh, dan menyebabkan orang sakit.

Data nan lain menyebutkan, vaksinasi booster apalagi tak melindungi seseorang dari jenis satu ini.

JN.1. merupakan jenis virus nan menyumbang lebih dari 95 persen kasus Covid-19 di AS. FLiRT mungkin lebih baik dalam menghindari perlindungan kekebalan dari vaksin dibanding JN.1.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk memformulasikan vaksin di masa depan dengan jenis keturunan JN.1. lantaran bakal terus berevolusi dengan jenis nan sama.

Hal ini tentu tidak sejalan dengan vaksin booster nan diformulasikan dengan strain lama, XBB.1.5.

Meski begitu, FliRT tetap bisa dicegah dengan menjaga kesehatan diri dengan mengutamakan perlindungan diri seperti saat Covid-19.

Anda disarankan untuk melakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi alias tetap beristirahat di rumah ketika sedang sakit agar tidak terjadi penularan.

Mengonsumsi makanan bergizi pun merupakan salah satu langkah untuk memaksimalkan imun di dalam tubuh agar tidak mudah sakit.

Hindari tempat nan ramai dan gunakan selalu masker di luar rumah.

(sya/asr)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo