Alasan Golkar Sodorkan Jusuf Hamka Jadi Pendamping Kaesang di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus memastikan partainya serius mendukung duet Kaesang Pangarep dengan Jusuf Hamka di Pilgub Jakarta. Lodewijk menilai duet anak muda dan tokoh berpengalaman dibutuhkan oleh Jakarta.

"Oh serius, cerita anak muda tentunya adanya di kota besar, coba lihat timnya Kaesang ini anak muda semua, jadi mereka menggarap kota besar Metro Jakarta ini akan lebih mudah, dan faktor anak muda ini kreatif dan dibackup Baba Alun kira-kira begitu," kata Lodewijk di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

"Beliau pakar dan praktisi infrastrukur terutama jalan tol dan beliau punya konsep, bukan konsep lagi, beliau jalankan bagaimana mengatasi macet di Jakarta," jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lodewijk yakin kehadiran Jusuf Hamka akan membuat Jakarta terus menjadi kota bisnis meski tak lagi berstatus ibukota negara. Menurutnya kombinasi anak muda dan pengusaha penting dalam membangun Jakarta.

"Beliau sudah punya konsep bagaimana mengatasi banjir dan mengantisipasi saat Ibu Kota pindah, artinya ini jadi kota bisnis, maka pendekatan membangun Jakarta bagaimana menjadikan Jakarta ini sebagai pusat bisnisnya di Indonesia bukan berarti setelah pindah, Jakarta tidak disiapkan, jadi kombinasi anak muda dan pengusaha ini penting," jelasnya.

Terkait kepastian pasangan Kaesang dan Jusuf Hamka di Pilgub Jakarta, Lodewijk mengaku masih perlu dibicarakan dengan partai lain. Terutama dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju.

"Tentunya ini awal, tentunya ada komunikasi lebih lanjut kan ceritanya perlu dukungan partai lain. nan jelas bicara Pilkada kita bicara koalisi, ada koalisi Indonesia Maju, bicara Golkar dengan PSI itu kan berarti Koalisi Indonesia Maju, baru kita melihat realita politik di lapangan," ucapnya.

Sebelumnya, Sebelumnya, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyodorkan kadernya, Jusuf Hamka atau Baba Alun, untuk Ketum PSI Kaesang Pangarep jika maju di Pilkada Jakarta. Menurutnya, Jusuf Hamka mampu mengatasi persoalan di Jakarta, terutama kemacetan.

Airlangga mengatakan permasalahan utama Jakarta adalah infrastruktur. Airlangga menyebut Jusuf Hamka sebagai bos jalan tol memahami persoalan infrastruktur di Jakarta.

"Khusus untuk Jakarta Partai Golkar tentu melihat tantangan Jakarta itu besar sekali, Jakarta dengan penduduk 10 juta itu, kita harus bisa mengalahkan Thailand, Bangkok, untuk mengatasi kemacetan, sehingga tantangan utama Jakarta adalah infrastruktur," kata Airlangga di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

Oleh karena itu, Airlangga menyodorkan Jusuf Hamka untuk cawagub, jika Kaesang maju di Pilkada Jakarta. "Untuk mendukung mas Ketum Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur yaitu Baba Alun," jelasnya.

Respons Jusuf Hamka

Jusuf Hamka mempersilakan pernyataan Airlangga kepada jajaran pengurus Golkar. Dia mengatakan baru mengetahui namanya diusulkan menjadi calon wakil gubernur di Pilgub Jakarta.

"Tanya beliau, saya juga baru tahu. Iya, wakil gubernur, di Jakarta katanya, nggak tahu ini saya justru baru tahu," kata Jusuf Hamka di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

Ditanya soal kesiapannya ikut Pilgub Jakarta dan menjadi pendamping Kaesang Pangarep, Jusuf Hamka hanya membalas dengan tawa. Lebih jauh, Jusuf Hamka mengakui dirinya memang kader Partai Golkar sejak dulu.

"Wah saya sudah lama dari tahun '60 sekian," katanya.

(dek/dek)

Sumber Detik News
Detik News