Air Putih Dingin Vs Air Putih Suhu Ruang, Lebih Sehat Mana?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Minum air putih dianjurkan setiap hari untuk menghidrasi tubuh. Banyak orang lebih menyukai air dingin dibandingkan dengan suhu ruang. Lebih sehat mana ya?

Air putih termasuk minuman sehat penting dikonsumsi setiap hari. Karena, berfungsi dalam menghidrasi tubuh agar tak kekurangan cairan.

Anjuran minimum mengonsumsi air putih adalah 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Konsumsi air putih ini bisa lebih banyak tergantung kebutuhan tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Delish (26/4), diketahui kalau banyak orang cenderung lebih menyukai segelas air dingin. Banyak juga yang mengatakan kalau air hangat jauh lebih baik. Namun, apakah suhu air putih itu penting untuk tubuh?

Mandy Enright, ahli diet menjelaskan terkait suhu air putih yang dikonsumsi. "Sejujurnya, kebanyakan orang bisa mendapatkan manfaat dari minum air putih secara umum, jadi ini tergantung pada preferensi pribadi saja terkait suhu," kata Enright.

konsumsi air putih untuk tubuhkonsumsi air putih untuk tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Amy Lee, seorang ahli nutrisi mengatakan bahwa sebagian orang mengira air dingin dapat mengganggu pencernaan. Padahal, penelitian mengenai hal tersebut masih minim. Begitu juga dengan penjelasan mengenai air hangat lebih sesuai untuk suhu tubuh manusia.

"Tidak ada data penelitian yang dapat diandalkan mengenai manfaat kesehatan dari minum air putih pada suhu tertentu," ujar Lee.

Baik air putih dingin atau dalam suhu biasa sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keduanya dapat menjaga tubuh dari dehidrasi.

konsumsi air putih untuk tubuhkonsumsi air putih untuk tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Cukup mengonsumsi air putih juga baik dalam proses menurunkan berat badan. Karena, bisa mendorong proses metabolisme tubuh. Air putih juga tidak mengandung kalori atau nol kalori.

Jadi, kamu bisa memilih minum air putih dingin maupun temperatur normal atau suhu ruangsesuai selera. Kamu bisa juga mencampurkan air putih dengan beberapa buah segar atau daun mint sebagai infused water, rasanya jauh lebih segar.

Simak Video "Makanan Yang Ingin Dicobain Kyuhyun SuJu Kalau ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food