8 Hidangan Unik Khas Iduladha di Berbagai Daerah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Iduladha identik dengan momen penuh berkah dan sukacita, di mana hidangan berbahan daging kurban menjadi bintang utama. Terdapat beberapa hidangan unik unik Iduladha dari beragam wilayah di Indonesia nan patut dicoba untuk menambah semarak perayaan. Berikut beberapa hidangan spesial nan siap memanjakan lidah.

1. Gulai unik Aceh

Perpaduan unik gurih gulai kambing dengan manis legitnya ubi jalar menghadirkan sensasi rasa nan tak terlupakan. Hidangan unik Aceh ini menggunakan santan kental dan ramuan rempah Aceh nan kaya, menghasilkan kuah gulai nan kental dan gurih. Ubi jalar nan dimasak berbareng kambing menambah tekstur dan rasa manis alami nan berpadu sempurna dengan gulai.

2. Sungkui 

Walaupun nasi sungkui sudah mulai jarang ditemui, hidangan unik Kalimantan Barat ini tetap dapat ditemui ketika hari seremoni seperti Iduladha. Sungkui biasanya dihidangkan berbareng sambal nanas, opor ayam, rendang sapi, gulai, dan nan wajib ada adalah serundeng. Dulunya sungkui tak hanya hidangan tradisional biasa, sungkui juga merupakan menu jagoan untuk tamu kehormatan kerajaan.

3. Krengsengan

Di Jawa Timur krengsengan merupakan salah satu hidangan wajib nan ada saat seremoni Iduladha. Makanan ini terbuat dari daging kambin nan telah dipotong kecil-kecil dan ditambah ramuan tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, serta ditambah dengan kecap manis. Karena itu makanan ini memberikan rasa manis gurih dan gurih nan lezat. 

4. Rabeg

Makanan unik Banten ini tak hanya dimasak dengan daging kambing, namun juga menggunakan jeroan dan tulang nan dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, biji pala, lada, cabe rawit dan kayu manis. Rabeg dipercaya merupakan makanan favorit Sultan Maulana Hasanuddin. 

5. Sate Karak

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate karak unik Surabaya ini menggunakan jeroan sapi nan dipotong kecil-kecil dan dimarinasi dengan ramuan rempah spesial. Daging kemudian ditusuk dan dipanggang di atas bara api, menghasilkan aroma nan menggoda dan tekstur nan lembek kenyal. Sate karak biasanya dihidangkan berbareng dengan nasi ketan hitam.

6. Bistik

Bistik merupakan penyesuaian dari steak nan banyak dijumpai di Solo dan Yogyakarta. Bila steak dipanggang maka bistik direbus dengan kuah kental sebagai pengganti saus BBQ. Kuah ini mempunyai rasa masam manis dan kental. Pendampingnya, umumnya telur rebus, buncis rebus, dan kentang. Sekilas tampilannya mirip steak.

7. Rendang

Rendang tak hanya menjadi makanan unik saat Idul Fitri, namun juga menjadi hidangan nan tak boleh dilewatkan saat Iduladha di Sumatera Barat. Daging kurban nan didapatkan langsung eksekusi jadi rendang dan dinikmati berbareng nasi panas. 

8. Kari Kambing

Kari kambing alias disebut juga kuah die kaleng menjadi sajian spesial saat seremoni Iduladha di Aceh. Makanan ini biasanya disajikan berbareng nasi alias roti canai. Tekstur dagingnya lembek lantaran dimasak dalam waktu lama dengan beragam rempah membikin orang tergiur dengan aromanya. Namun jenis kari kambing Aceh biasa juga nan dimasak saat bulan Ramadan, kuah beulangong.

DELFI ANA HARAHAP | ANNISA FIRDAUSI | LUDHY CAHYANA

Pilihan Editor: Ini Sapi Kurban Sumbangan Jokowi untuk Idul Adha

Sumber Tempo
Tempo