7 Khasiat Minum Air Jahe Setiap Hari yang Akan Dirasakan Tubuh

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Jahe termasuk tanaman rimpang nan punya segudang kegunaan. Bukan hanya dipakai sebagai ramuan dapur, jahe nan dijadikan minuman herbal juga berguna bagi kesehatan tubuh.

Rimpang jahe mempunyai aroma kuat dan rasa pedas nan memberi pengaruh hangat. Tak heran jika rempah ini salah satunya sering diolah menjadi minuman air jahe untuk menghangatkan tubuh.

Dengan diolah menjadi air jahe juga merupakan langkah pengganti bagi orang nan tidak suka mengkonsumsi rimpang ini secara langsung tetapi tetap mau mendapatkan faedah sehatnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apa faedah minum air jahe? Dan apakah kondusif minum air jahe setiap hari?

Apakah Aman Minum Air Jahe Setiap Hari?

Dilansir MedicineNet, minum air jahe rutin setiap hari dianggap kondusif bagi kebanyakan orang. Namun, takaran jahe nan digunakan perlu diperhatikan agar tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Terlebih jika seseorang sedang menjalani pengobatan maupun mempunyai penyakit apa pun. Sebelum minum air jahe, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Begitu juga untuk wanita hamil. Walau ada studi nan menunjukkan bahwa rimpang ini bagus untuk mengatasi mual saat hamil, tapi ada baiknya untuk berkonsultasi dengan master terlebih dulu sebelum mengkonsumsi air jahe.

Manfaat Minum Air Jahe Setiap Hari

Air jahe nan diminum setiap hari dapat memberikan faedah bagi kesehatan. Berikut faedah air jahe, dikutip dari Medical News Today dan Healthline:

1. Mengurangi Rasa Nyeri

Minuman herbal ini dapat bantu mengurangi rasa nyeri. Sebuah studi pada 60 orang dewasa penderita migrain, menemukan bahwa jahe sebagai pengobatan tambahan lebih baik daripada hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri.

2. Meringankan Mual dan Muntah

Jahe telah dimanfaatkan sejak lama untuk mengobati mual. Hal ini dibuktikan lewat beberapa penelitian nan menggunakan jahe untuk mengatasi mual di pagi hari, pasca operasi, dan usai kemoterapi. Hasilnya, jahe termasuk air jahe dapat mengurangi mual dan muntah.

3. Mengontrol Gula Darah

Sebuah studi terhadap penderita glukosuria jenis 2 menunjukkan bahwa golongan nan meminum suplemen serbuk setiap hari mengalami penurunan gula darah nan signifikan daripada golongan nan hanya mendapat obat plasebo.

Makanan nan dikonsumsi dapat mempengaruhi kadar kolesterol "jahat" alias LDL dalam tubuh. Kadar LDL nan tinggi dikaitkan dengan meningkatnya masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Akan tetapi, air jahe nan rutin diminum setiap hari bisa jadi solusinya.

Penelitian nan diterbitkan dalam Saudi Medical Journal menemukan bahwa orang nan mengkonsumsi jahe setiap hari mengalami penurunan kadar trigliserida dan LDL nan bisa meningkatkan akibat stroke.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dikutip dari Hindustan Times, minuman nan diolah dari rimpang jahe ini mengandung antioksidan gingerol nan bisa melawan radikal bebas. Dengan begitu, kulit bakal terhindar dari beragam masalah dan bercahaya merata.

Tanda penuaan seperti kulit keriput juga dapat dicegah dengan air jahe. Sifat antiinflamasi dalam jahe juga dapat melawan segala jangkitan sehingga membikin kulit sehat.

6. Bantu Masalah Pencernaan

Minum air jahe sekali sehari juga condong melancarkan pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit bakal terhempas. Selain itu, orang nan rutin mengkonsumsi minuman ini juga bisa terhindari dari refluks masam lambung dan perut bergas.

Studi menemukan bahwa golongan orang nan minum air jahe panas usai sarapan merasakan kenyang nan lebih daripada golongan lain nan tidak.

Hal ini menunjukkan bahwa air jahe bisa berkedudukan dalam mengelola berat badan dengan membikin lebih kenyang setelah makan.

Cara Membuat Air Jahe

Membuat air jahe sangatlah mudah. Tapi lagi-lagi perlu memperhatikan takaran jahe nan digunakan. Ahli membatasi konsumsi jahe hanya 3-4 gram per harinya. Takaran ini bertindak bagi jahe dalam corak apa pun.

Kembali lagi, minuman herbal ini dapat dibuat dengan jahe kering ataupun segar. Untuk jahe kering dapat diseduh dengan air panas dan didiamkan beberapa saat, barulah diminum.

Untuk jahe segar dapat diiris terlebih dahulu, lampau direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Setelahnya disaring kemudian bisa diminum selagi hangat.

Jahe nan berbentuk serbuk juga dapat digunakan. Seduh 2 gram (1 sdt) serbuk jahe dengan air hangat lampau kombinasi rata dan dapat diminum langsung.

Nah, pagi hari adalah waktu nan baik untuk minum air jahe. Minuman herbal ini bisa menghangatkan tubuh, melancarkan pencernaan, juga mengurangi rasa mual.

Simak Video "Rekomendasi 3 Menu Signature Nasi Uduk Ibu Sidar di Palmerah"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/fds)

Sumber Detik Food
Detik Food