7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Kamu Jadi Pikun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sering kehilangan kunci rumah? Lupa meletakkan barang? Kebiasaan sehari-hari berikut bisa memengaruhi memori Anda.

Semua orang kadang lupa bakal sesuatu. Namun, saat terjadi berulang, tentu saja ini sangat mengganggu, apalagi bikin frustasi.

"Ada sejumlah kebiasaan umum nan bisa membikin kita lebih pelupa," kata kata Michele Goldman, psikolog dan penasihat Hope for Depression Research Foundation, mengutip dari Huffington Post.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di bawah ini terdapat beberapa kebiasaan nan bikin Anda jadi mudah lupa.

1. Begadang

Tidur punya banyak manfaat, termasuk meningkatkan daya ingat. Kurang tidur memengaruhi keahlian mempelajari perihal baru hingga 40 persen.

Selain itu, kurang tidur bakal memengaruhi hipokampus otak nan bertanggung jawab untuk membikin memori baru.

2. Multitasking

Kelupaan sering kali berangkaian dengan atensi alias perhatian. Jika tidak memberikan perhatian penuh, mudah beralih, maka info tidak sepenuhnya diserap.

Multitasking alias mengerjakan beberapa perihal berbarengan dapat mengganggu atensi dan penyerapan informasi.

"Mengerjakan beragam tugas pada waktu nan sama sebenarnya dapat menyebabkan berkurangnya produktivitas dan lebih banyak kelupaan," kata psikolog Julia Kogan.

3. Malas bergerak

Malas bergerak berkontribusi pada kesulitan mengingat. Aktivitas bentuk alias olahraga meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu melindungi sel-sel otak.

Selain itu, riset menemukan, kebiasaan tidak banyak bergerak berasosiasi dengan penipisan di beberapa bagian otak nan krusial untuk mengingat.

4. Kurang asupan vitamin B1 dan B12

man hand holding his nutritional supplemets, healthy lifestyle background.Ilustrasi. Beberapa kebiasaan sehari-hari bisa memengaruhi daya ingat. (iStockphoto/stock_colors)

Sering lupa juga bisa disebabkan kurang asupan vitamin B1 alias B12.

Mengutip dari Forbes, vitamin B1 alias tiamin adalah kunci pertumbuhan, perkembangan, dan kegunaan sel. Sementara vitamin b12 membantu menjaga kesehatan darah dan sel saraf.

5. Konsumsi alkohol

Bagian otak nan berasosiasi dengan memori lebih rentan terhadap kerusakan akibat alkohol dibanding bagian otak lain. Konsumsi alkohol berlebihan bakal berakibat jelek pada keahlian mengingat.

Faktanya, demensia mengenai alkohol menyumbang 10 persen dari seluruh kasus demensia.

6. Merokok

Jika mau punya ingatan tajam, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan merokok.

"Merokok merusak sel otak dan menghalang pembentukan sel baru pada hipokampus nan mana bisa membikin Anda kelupaan," kata psikoterapis Valentina Dragomir.

7. Kamar berantakan

Lingkungan nan kacau dan acak-acakan sering kali tak masalah buat sebagian orang. Namun, kebiasaan membiarkan kondisi lingkungan acak-acakan membikin Anda mudah lupa.

Goldman merekomendasikan untuk menemukan sistem penyimpanan nan cocok. Anda bisa mencatat di kitab khusus, membikin jadwal, kotak tertentu untuk peralatan nan sudah tidak digunakan dan cara-cara lain.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo