5 Tips Minum Kopi Nyaman Tanpa Gangguan Asam Lambung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Permasalahan bagi penikmat kopi adalah meningkatnya asam lambung bagi mereka yang sensitif. Ternyata ada tips dan cara alternatif agar kopi tak memicu asam lambung.

Kopi mengandung kafein yang dampaknya cukup kuat terhadap lambung penikmatnya. Salah satu kondisi yang membuat penikmat kopi tak merasa nyaman ada pada peningkatan asam lambung tepat setelah minum kopi.

Apalagi bagi penderita maag dan perut yang sensitif gejala tak nyaman akan datang lebih parah usai minum kopi. Tetapi tak perlu khawatir. Ada beberapa tips untuk minum kopi tetap nyaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahli gizi bernama Andrea Dunn membeberkan beberapa tips dan cara alternatif untuk konsumsi kopi dengan nyaman. "Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir asam yang masuk dan memicu ketidaknyamanan di perut," ujar Dunn.

Baca juga: 5 Kejadian Influencer Minta Makan Gratis di Restoran, Bikin Geram!

Berikut ini 5 tips minum kopi dengan nyaman melansir Cleveland Clinic:

5 Tips Minum Kopi Nyaman Tanpa Gangguan Asam LambungKopi dengan tingkat kematangan dark roast memiliki kadar kafein dan asam yang lebih rendah. Foto: Getty Images/Yopin Mekkawan

1. Pilih dark roast

Sebelum biji kopi diseduh akan melewati beberapa proses pengolahan. Mulai dari fermentasi, pembersihan, hingga pemanggangan yang membuat warnanya tampak cokelat hingga kehitaman.

Ada beberapa tingkatan dalam memanggang kopi yaitu light roast, medium roast, dark roast, hingga extra dark roast. Proses pemanggangan dan tingkat kematangannya mempengaruhi kandungan kafein di dalam kopinya.

Pada level dark roast, kandungan kafein sudah berkurang banyak dari kondisinya saat mentah. Selain itu tingkat kematangan ini juga yang paling cocok untuk tetap mendapatkan rasa kopi yang kuat ketika diseduh.

2. Jenis espresso

Setelah melalui proses penggilingan, kopi akan masuk dalam tahap penyeduhan. Cara menyeduh kopi juga banyak macamnya, mulai dari kopi yang disaring hingga kopi dengan bahan dasar espresso.

Bagi penikmat kopi dengan perut yang lebih sensitif disarankan untuk mengonsumsi kopi espresso. Alasannya pada teknik penyeduhan espresso kopi melalui proses yang lebih cepat.

Sehingga tidak terlalu banyak kafein yang terekstraksi dan masuk ke dalam gelas. Sementara pada kopi saring atau kopi filter membutuhkan waktu yang panjang dan ekstraksi kafein yang lebih maksimal.

Tips minum kopi lainnya ada di halaman berikutnya.

Simak Video "Makanan Yang Ingin Dicobain Kyuhyun SuJu Kalau ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik Food
Detik Food