5 Makanan yang Dianjurkan dan Tidak Saat Cuaca Panas, Ini Daftarnya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Memasuki musim panas, kamu perlu memilih makanan mana yang harus dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Berikut 5 makanan yang disarankan dan tidak untuk dikonsumsi saat musim panas.

Beberapa bagian negara mulai memasuki musim panas, termasuk Indonesia. Bahkan, selama musim ini, seringkali terjadi gelombang panas berlebihan yang bisa membahayakan tubuh.

Sengatan matahari dapat memicu dehidrasi hingga menyebabkan risiko penyakit lainnya. Oleh karena itu, untuk menghindarinya kamu perlu mengonsumsi makanan yang tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pilih makanan yang dapat menghidrasi tubuh dan memberikan nutrisi penting. Hindari makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi semakin parah.

Melansir india.com (23/04), berikut daftar makanan yang perlu dikonsumsi dan tidak selama cuaca panas.

Makanan yang direkomendasikan :

1. Semangka

Ilustrasi jus semangkaKonsumsi buah semangka atau jusnya merupakan pilihan terbaik. Foto: Getty Images/iStockphoto/Manu_Bahuguna

Buah-buahan kaya akan air menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Salah satunya, semangka. Semangka kaya akan air, vitamin, mineral, dan antioksidan penting.

Melansir Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), buah semangka mengandung 91,45 gram air pada setiap 100 gramnya. Kandungan air ini dapat menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin A, hingga magnesium di dalamnya juga mampu menjadi penambah energi tubuh. Sedangkan kandungan air dan serat yang tinggi dapat mendorong pencernaan sehat.

2. Sayuran berdaun hijau

View of Clear vegetable spinach served on white bowl Isolated on white backgroundSayur bayam juga bisa dikonsumsi karena kandungan air dan nutrisinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Rahmah Hastuti

Sayuran berdaun hijau juga bagus dimakan saat musim panas. Sayuran, seperti bayam, kangkung, hingga selada kaya akan kandungan air yang memberikan nutrisi penting, seperti vitamin A, C, dan K.

Kandungan antioksidan pada jenis sayuran ini mampu menangkal radikal bebas. Jika dibantu dengan gaya hidup sehat, bisa membantu pencegahan penyakit kronis.

Kamu bisa mengonsumsi bayam yang mengandung 91 persen air di dalamnya. Kandungan air tersebut dapat memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.

Selain itu, selada juga bagus dikonsumsi karena mengandung serat dan mikronutrien yang tinggi.

3. Air kelapa

Racikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul AkbarMinum air kelapa dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan baik. Foto: dok. dr Zaidul Akbar, iStock

Air kelapa adalah minuman alami yang kaya elektrolit. Meminumnya dapat membantu mengisi kembali cairan dan mineral yang hilang karena berkeringat.

Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik, sehingga menghindari diri dari dehidrasi.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu makanan yang perlu dihindari saat cuaca panas.

Sumber Detik Food
Detik Food