5 Cara Memanfaatkan Air Kelapa, untuk Bikin Kopi hingga Tahu Tempe Bacem!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Air kelapa tidak hanya bisa diminum begitu saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai bahan racikan minuman atau makanan. Mulai dari kopi hingga tahu dan tempe.

Air kelapa mengandung vitamin dan mineral, termasuk potassium, kalsium, dan asam amino. Minuman ini dikenal sangat menyehatkan, dapat menghidrasi tubuh dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan.

Air dari buah ini memang sangat cocok diminum langsung dengan rasa manis alami yang menyehatkan. Namun, ada banyak cara lain dalam memanfaatkan air ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Air kelapa juga bisa dijadikan bahan racikan minuman hingga ditambah ke dalam pembuatan tahu, tempe, hingga nasi beraroma.

Jika kamu punya air kelapa di rumah, coba manfaatkan sebagai racikan 5 makanan ini!

1. Campur dengan kopi

Manfaat air kelapaAir kelapa bisa dicampur ke dalam kopi dan menjadi racikan yang enak. Foto: Shutterstock/

Kombinasi air kelapa dengan kopi dikenal cocok karena air kelapa memiliki profil rasa yang manis dengan sentuhan rasa gurih, berpadu dengan rasa kopi yang kaya dan kuat.

Selain dari segi rasa, menambahkan air kelapa ke dalam kopi bisa menjadi cara hidrasi yang nikmat. Mengingat kopi adalah minuman bersifat diuretik, sehingga jika diminum sendiri secara berlebihan, bisa menyebabkan dehidrasi.

Jumlah air kelapa yang perlu kamu tambahkan ke dalam kopi sebenarnya tergantung preferensi masing-masing. Kamu bisa mencoba dengan takaran berbeda.

Kamu bisa menambahkan segelas air kelapa ke dalam espresso yang kental. Kombinasi ini pun akan membantu meningkatkan energi instan dan rasa manis alami, serta kaya akan vitamin C, lapor goodhousekeeping.com (28/07).

2. Perasa tambahan untuk nasi

Manfaat air kelapaAir kelapa juga bisa dimasukkan ke dalam nasi dan membuat nasi lebih beraroma. Foto: Shutterstock/

Selain menambahkan santan atau parutan daging kelapa, kamu juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk membuat nasi yang enak.

Paduan nasi dan air kelapa akan memberi rasa yang berbeda dari nasi yang dimasak dengan air biasa. Air kelapa memberi rasa ringan dan aroma harum pada nasi.

Hasil nasi yang dimasak dengan air kelapa inipun dikenal cocok dipadukan dengan hidangan, seperti kari pedas atau seafood beraroma.

Manfaat air kelapa untuk makanan lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Sumber Detik Food
Detik Food