4 Superfood Ini Ampuh Cegah Peradangan di Tubuh

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Inflamasi alias peradangan bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Di antara banyaknya pilihan, menurut mahir 4 makanan ini dianggap paling ampuh.

Inflamasi alias peradangan adalah sistem ketika tubuh melindungi diri dari jangkitan mikroorganisme asing. Inflamasi tidak hanya terjadi saat barang asing menyerbu sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh nan berfaedah melindungi, justru menyerang tubuh sendiri.

Peradangan alias inflamasi kronis dapat membahayakan kesehatan. Berisiko memicu beragam macam penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, sampai diabetes.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu langkah untuk mengatasi masalah ini ialah dengan beranjak ke pola hidup sehat. Melakukan diet dengan konsumsi makanan-makanan bernutrisi.

Para mahir pun merekomendasikan konsumsi 4 makanan super ini. Melansir Mirror UK, berikut daftarnya:

1. Buah beri

White bowl filled with fresh mixed organic berries on blue garden table. Some berries are scattered outside the bowl. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMAneka macam buah berry bisa membantu atasi masalah peradangan alias inflamasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Buah beri, seperti strawberry, blueberry, hingga raspberry merupakan buah kaya antioksidan. Senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari radikal bebas nan dapat membahayakan sel, menyebabkan penyakit, hingga penuaan.

Buah beri juga mengandung flavonoid nan mempunyai kegunaan serupa, ialah menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Namun, diantara banyaknya buah beri, ada nan jauh lebih tinggi kandungan flavonoidnya, ialah blackberry. Blackberry dikenal mempunyai kandungan fitronutrien tinggi nan menawarkan sifat anti-inflamasi. Itu juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Ikan

Ikan TunaKonsumsi Ikan Tuna juga disarankan lantaran kandungannya bisa atasi masalah peradangan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jordanlye

Ikan berlemak juga merupakan pilihan baik untuk mengatasi masalah inflamasi alias peradangan.

NHS (National Health Service) merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua porsi per minggu.

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden kaya bakal EPA (asam eikosapentanoat) dan DHA (Asam dokosaheksaenoat) ialah dua jenis omega-3 nan mempunyai banyak faedah bagi tubuh, termasuk sifat anti-inflamasinya.

Ketika seseorang mengonsumsi ikan berlemak ini, tubuh bakal mengubah masam lemak menjadi senyawa disebut resolvin dan protectin, nan dapat menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan berlemak ini dengan memanggang alias merebusnya. Bisa juga diolah sebagai isian dalam sandwich.

Daftar makanan lain nan direkomendasikan untuk atasi masalah inflamasi, bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik Food
Detik Food