11 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan fisik dan mental perlu menjadi prioritas bagi setiap orang lantaran ini adalah landasan kehidupan nan memuaskan. Dalam perihal kesehatan fisik, langkah-langkah mini dan konsisten bakal membawa perubahan besar sekaligus kesempatan untuk membikin beberapa perubahan positif dalam hidup. Namun, terkadang kita mencoba mengubah segalanya sekaligus.

Faktanya, kadang-kadang semakin kita berupaya melakukan, semakin kita tidak bisa melakukan perubahan-perubahan ini dan segalanya menjadi buruk. Pikiran, tubuh, dan jiwa semuanya saling berhubungan, jadi kita perlu memelihara ketiganya untuk mencapai keseimbangan sejati dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut tips dari Dokter Pramod Ravindra, CEO di Pro Physio Healthcare, untuk memasukkan olahraga dan latihan ke dalam rutinitas sehari-hari, berbareng dengan kebiasaan sehat lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Terkadang bersikap egois tidak apa-apa. Sebelum Anda dapat membantu orang lain, Anda kudu menjaga diri sendiri. Memprioritaskan perawatan diri sangat krusial untuk membangun keseimbangan dalam hidup dan menjaga kebiasaan sehat.

2. Temukan Aktivitas nan Anda Suka

Temukan rutinitas olahraga nan membikin Anda gembira, baik itu menari, mendaki gunung, alias mencoba olahraga baru, melakukan apa nan Anda sukai membikin aktivitas tetap menyenangkan dan berkelanjutan.

3. Mulailah dari Latihan Sederhana, Bangun Secara Bertahap

Jangan membebani diri Anda dengan latihan nan intens sejak awal. Mulailah dengan sesi singkat dan secara berjenjang tingkatkan intensitas dan lama untuk menghindari kelelahan.

4. Konsistensi

Tetapkan agenda olahraga harian alias mingguan dan patuhi itu. Konsistensi adalah kunci untuk membentuk rutinitas olahraga nan sehat dan memperoleh faedah jangka panjang.

5. Lebih Banyak Bergerak

Carilah kesempatan untuk lebih banyak bergerak sepanjang hari Anda. Gunakan tangga, melangkah kaki alias bersepeda daripada berkendara jarak pendek, alias adakan pesta dansa mini sembari melakukan pekerjaan rumah.

6. Cari Teman Olahraga alias Gabung Kelas

Temukan kawan berolahraga alias bergabunglah dengan kelas kebugaran golongan untuk tetap termotivasi dan bertanggung jawab. Dukungan dan dorongan dapat membikin olahraga terasa seperti aktivitas sosial nan menyenangkan.

7. Pola Makan Sehat

Pilih makanan kaya gizi nan menyehatkan tubuh dan melengkapi tujuan kebugaran Anda. Pola makan nan seimbang mendukung tingkat daya dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Konsistenlah dengan waktu makan Anda.

8. Prioritaskan Istirahat dan Pemulihan

Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat dan memulihkan diri setelah berolahraga. Tidur berbobot dan relaksasi sangat krusial untuk perbaikan otot dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kurang tidur secara teratur meningkatkan akibat beragam penyakit dan gangguan.

9. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan berfaedah secara optimal. Hidrasi adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

10. Dengarkan Tubuh Anda

Dengarkan apa nan dikatakan tubuh Anda. Istirahatlah jika perlu, istirahatlah, dan dengarkan tanda-tanda kelelahan alias ketidaknyamanan. Tubuh Anda tahu nan terbaik!

11. Tetapkan Tujuan nan Realistis

Rayakan pencapaian mini sepanjang perjalanan. Menetapkan tujuan nan dapat dicapai membikin Anda tetap termotivasi dan memperkuat akibat positif dari upaya Anda.

Dr Pramod Ravindra menyimpulkan, “Salah satu langkah terbaik untuk memprioritaskan kesehatan Anda adalah dengan bersikap baik pada diri sendiri. Rangkullah prosesnya dan buatlah komitmen seumur hidup terhadap kesehatan fisik, nan memengaruhi beragam aspek kehidupan kita. Ini memengaruhi pikiran, emosi, dan perilaku kita sehari-hari. Kesejahteraan bentuk kita sangat krusial untuk menjalani kehidupan nan memuaskan dan memuaskan.”

Pilihan Editor: 5 Rekomendasi Olahraga Sederhana nan Bisa Dilakukan Tiap Hari

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Sumber Tempo
Tempo